Review Zoom Xtech HB100 Caliper, Kaliper Rem Hidrolis Murah Tapi Tidak Murahan

Zoom Xtech HB100 Caliper merupakan produk suku cadang sepeda dan skuter elektris dimana berfungsi sebagai pengganti sistem pengereman yang telah ada. Kaliper rem ini memiliki keunggulan dimana menggunakan sistem hidrolis (hydraulic system) yang tertanam pada bagian kalipernya. Walaupun produk rem ini belum sepenuhnya hidrolis (semi hydraulic system), kinerja yang ditawarkan jauh lebih baik daripada kaliper yang masih menggunakan sistem mekanik.

Cara membeli kaliper rem semi hidrolis Zoom Xtech HB100 Caliper secara online melalui situs marketplace baik di Indonesia atau dari luar negeri. Pembelian dari luar negeri tergolong lebih murah karena produk ini memang tidak diproduksi di Indonesia. Hanya saja pengiriman barang dari luar negeri agak lama minimal 2 (dua) minggu. Pembelian Zoom Xtech HB100 Caliper ini boleh terpisah yaitu membeli satu atau dua kaliper saja tanpa membeli kabel rem maupun handel remnya.

Cara pemasangan kaliper rem Zoom Xtech HB100 Caliper cukup mudah dengan melepas kaliper bawaan sepeda atau skuter listrik. Alat bantu yang digunakan antara lain kunci L untuk melepas baut dan tang untuk melepas ujung kabel kawat rem. Handel rem dan kabel rem bawaan tidak perlu diganti apabila tidak perlu atau masih bagus. Selanjutnya tinggal pasang kaliper Zoom Xtech HB100 Caliper dengan adapter/dudukan yang disertakan ataupun tidak disesuaikan kondisi kendaraan. Semua sistem baut di Zoom Xtech HB100 Caliper adalah universal sehingga mudah diaplikasikan atau dipasang ke sepeda atau skuter elektris apapun. Selanjutnya kaliper tinggal disetting, kabel kawat dikaitkan kembali, dan langsung dapat dipergunakan. Pengalaman menggunakan Zoom Xtech HB100 Caliper cukup puas dimana sistem pengereman bekerja cukup baik dan tidak terkesan rem murahan dimana ada kegagalan dalam pengereman. Penggantian kampas rem cukup mudah dan suku cadangnya banyak dijual di online melalui situs marketplace baik di Indonesia atau dari luar negeri.

Baca Juga  Daftar Alamat Toko Skuter Listrik Di Yogyakarta

Saya cukup puas dengan Zoom Xtech HB100 Caliper dan mengaplikasikan pada 2 (dua) e-scooter atau skuter elektris/skuter listrik milik saya yaitu Xiaomi Mijia M365 Pro dan Dualtron Eagle Pro. Secara keseluruhan Zoom Xtech HB100 Caliper menjadi salah satu pilihan utama kaliper pengganti untuk sepeda dan skuter elektris dimana memiliki teknologi semi hidrolis yang hampir mendekati kinerja rem full hidraulis (full hydraulic brake) dengan harga yang terjangkau. (text/foto: annosmile)

SPESIFIKASI
  • Model : HB100
  • Berat : 412 gram (sepasang)
  • Material : Light Alloy
  • Ukuran : –
  • Rotor : Deckas 160mm/ G3160/180mm JDL120/140mm
  • Pilihan Warna : Hitam, Merah, Biru, Ungu, Pelangi
  • Kompabilitas Produk : Sepeda, Skuter Elektris

Kirim pendapat