Situs Relief Yeh Pulu Gianyar Bali

Situs Relief Yeh Pulu Gianyar Bali
3 (60%) 2 votes

Yeh Pulu merupakan situs arkeologi yang ditemukan di daerah Gianyar Bali. Obyek wisata sejarah ini terdiri dari phatan relief, patung, sumber air, dan bangunan pura. Keberadaannya jarang diketahui karena kurangnya promosi wisata situs ini untuk wisatawan domestik dan lebih mengkhususkan promosi pada wisatawan mancanegara.

Situs Yeh Pulu terletak di daerah Batulumbang, desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh, kabupaten Gianyar.

Lokasi Yeh Pulu berada tidak jauh dari Situs Goa Gajah yang juga merupakan obyek wisata peninggalan sejarah. Posisi situs arkeologi ini cukup strategis karena berada dkat dengan jalur wisata Denpasar – Ubud – Kintamani. Rute dari kota Denpasar menuju ke situs ini pertama-tama dengan menuju ke utara atau timur laut. Jalan yang pertama dilalui  Jalan Gatot Subroto kemudian ke arah Jalan Raya Batubulan yang terdapar Pasar Seni Sukowati. Pada sebuah pertigaan besar, arahkan kendaraan menuju ke arah Situs Goa Gajah dan Penelokan Kintamani. Setalah melewati kawasan Situs Goa Gajah ada sebuah pertigaan ambil ke arah kanan dan ikuti petunjuk menuju Yeh Pulu hingga tiba di lokasi.

Yeh Pulu merupakan pahatan atau relief kuno yang dipahat pada batu cadas berwarna hitam. Situs ini ditemukan pada tahun 1925 oleh punggawa atau keluarga kerajaan Ubud Bali. Panjang relief yang diukir mencapai 25 meter dan tinggi sekitar 2 meter. Nama kata “Yeh” artinya air dan “Pulu” artinya gentong yang dulunya digunakan sebagai tempat beras. Gentong ini ditempatkan di bagian barat dari Yeh Pulu relief dan berada tengah tempat air suci.

Sejarah relief yang terdapat pada Situs Yeh Pulu menceritakan tentang sejarah kehidupan masyarakat Bali kuno pada masa kerajaan Bedahulu. Bila diamati dengan jelas relief yang terpahat ada yang menggambarkan seorang laki-laki memikul guci, seorang nenek tua duduk santai dan seorang laki laki berdiri menghampiri untuk memberikan sesuatu. Pada bagian tengah terlihat seorang Pertapa dengan tangan sembah sujud, di sebelahnya terdapat perempuan dengan sejumlah perhiasan kuno, tiga ekor kera, dan seorang laki-laki berambut panjang sedang menunggang kuda, dua orang laki-laki menyerang binatang dengan senjata tradisional, perkelahian antara katak dan ular, serta dua laki-laki memikul lima ekor babi, dan terakhir terlihat dengan jelas seorang perempuan memegang ekor kuda yang sedang ditunggangi seorang pria.

Selain relief terdapat ubang menjorok kedalam untuk tempat bertapa. Konon tempat ini digunakan untuk bertapa raja Bedahulu, sebelum beliau kalah berperang melawan kerajaan Majapahit pada tahun 1343. Daya tarik lain dari kawasan wisata ini adalah wisatawan dapat menikmati suasana pedesaan dan persawahan dengan berjalan kaki sebelum tiba di lokasi situs. Selain itu Yeh Pulu ini sudah dilengkapi dengan sebuah tempat suci yang berfungsi sebagai pura subak (organisasi tradisional yang menangani masalah pengairan) yang menambah suasana keindahan komplek relief ini. Secara keseluruhan Situs Yeh Pulu dapat menjadi salah satu pilihan wisata sejarah bersama Situs Goa Gajah baik bagi wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik selain berwisata ke kawasan pantai dan pura. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Situs Yeh Pulu
Desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 15.000,-

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    Hooo.. menarik. Relief yg menggambarkan kehidupan Bali di zaman dulu. Sayang foto relief yg dirimu pajang di artikel ini cuma sedikit.

  2. Gustyanita Pratiwi:

    Wah padahal saat ke bali aku sempet mau mampir ke goa gajah, namun mendadak batal karena uda keburu kekejar pulang ke jakarta
    Aku paling seneng ini klo ngulik suatu histori dari arca2 atau bagian dari prasasti or candi, nice

Kirim pendapat