Yammie Pathuk, Salah Satu Yamie Terenak Di Jogja

Yammie Pathuk merupakan daya tarik kuliner yamie, mie ayam oriental, atau mie ayam Jakarta di sekitar Pathuk atau sebelah barat kawasan Malioboro Yogyakarta. Keberadaan kedai ini sudah dikenal cukup lama dan cita rasanya masih tetap dipertahankan hingga saat ini. Kedai ini buka sejak pagi hari hingga malam hari sehingga cocok digunakan sebagai sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Yammie Pathuk terletak di Jalan Kemetiran Kidul No. 63, kelurahan Pringgokusuman, kecamatan Gedongtengen, kota Yogyakarta 55272.

Lokasi Yammie Pathuk berada di daerah Kemetiran Kidul atau sebelah barat kawasan penginapan murah di Malioboro yaitu Jalan Dagen atau Kampung Wisata Dagen. Rute termudah dari kawasan nol kilometer ke arah barat hingga pertigaan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Pilihlah jalan ke arah kanan atau utara dan ikuti jalan hingga menemui perempatan kecil yang terdapat Hotel Ibis Styles Yogyakarta. Pilihlah jalan ke arah kiri atau ke arah barat sejauh 200 meter dan posisi kedai tersebut berada di sebelah kiri jalan sebelum pertigaan Jalan Letjen Suprapto Yogyakarta.

Menu yang ditawarkan Yammie Pathuk cukup beragam mulai dari yamie pangsit basah biasa, yamie pangsit basah biasa bakso, yamie pangsit basah jumbo, yamie pangsit basah jumbo bakso, bakso pangsit kuah, bakso kuah, yam pangsit, pangsit kuah, dan pangsit goreng.

Baca Juga  7 Wisata Air Terjun Di Playen Gunungkidul

Penyajian menu yammie pangsit basah biasa bakso menggunakan mangkok putih khas mie ayam bergambar ayam jago. Seperti penyajian yamie atau mie ayam Jakarta pada umumnya, antara mie dengan kuah dipisah. Pada semangkok yammie berisi mie, potongan daging ayam, rajangan daun bawang, taburan bawang goreng, dan dua potong pangsit basah atau rebus. Pada sajian yammie di kedai ini tidak menggunakan potongan sawi rebus seperti penyajian yamie dan mie ayam Jakarta pada umumnya.

Cita rasa yang yang ditawarkan sajian yamie pangsit biasa ini cenderung gurih tanpa ada dominasi rasa asin ataupun manis. Daya tarik rasa semacam ini memecahkan argumen bahwa tidak semua hidangan yamie atau mie ayam Jakarta selalu berasa asin. Bakso sapi yang menjadi hidangan tambahan pendamping bersantap yamie terasa tidak istimewa atau dapat dikatakan biasa. Sepertinya cita rasa yang ditonjolkan dan diunggulkan memang pada sajian yamie atau mienya saja. Harga yang ditawarkan Kedai Yammie Pathuk tergolong agak mahal dari standar harga yamie atau mie ayam di sekitar pusat kota Yogyakarta namun sebanding dengan daya tarik rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Yamie Pangsit Basah Biasa : RpĀ 13.000,-
  • Yamie Pangsit Basah Biasa Bakso : Rp 16.000,-
  • Yamie Pangsit Basah Jumbo : Rp 17.000,-
  • Yamie Pangsit Basah Jumbo Bakso : Rp 20.000,-
  • Bakso Pangsit Kuah : Rp 13.000,-
  • Bakso Kuah : Rp 10.000,-
  • Yam Pangsit : Rp 13.000,-
  • Pangsit Kuah : Rp 13.000,-
  • Pangsit Goreng : Rp 10.000,-
Baca Juga  Kupat Tahu Pak Budi, Kupat Tahu Legendaris di Jogja

*update harga Januari 2017*

CABANG
  • Jl. Kranggan No. 44, kelurahan Cokrodiningratan, kecamatan Jetis, kota Yogyakarta 55233 Telp: 081904194979
  • Jl. Prof Herman Yohanes Yogyakarta (timur Galeria Mall)
  • Jl. Gejayan Yogyakarta (sebelah Toko Oelk depan Pasar Demangan)
  • Jl. Nologaten, desa Caturtunggal, kecamatan Depok, kabupaten Sleman 55281 Telp: 081804277617
Penilaian Menu Yammie Pathuk
Overall
7.9/10
7.9/10
  • Yamie Pangsit Basah Biasa - 8/10
    8/10
  • Yamie Pangsit Basah Biasa Bakso - 7.7/10
    7.7/10
INFORMASI
Yammie Pathuk
Jl. Kemetiran Kidul No.63, Pringgokusuman, Gedongtengen, Yogyakarta
Telp: (0274) 6511900, 081804298350

Jam Buka
Setiap hari muali pukul 09.00 s/ 21.00 WIB

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. PRofijo:

    Mbok aku dikirimi… :(

    • admin:

      Hi Profijo,
      Nanti saya kirimi dalam bentuk foto ya mas..hehe :-)

Kirim pendapat