Yammie Kranggan, Mencicipi Menu Yammie Pangsit Jamur

4/5 - (1 vote)

Yammie Kranggan merupakan daya tarik kuliner yamie atau mie ayam bergaya oriental di sekitar Kranggan atau utara kawasan Tugu Jogja. Keberadaan kedai yamie ini belum lama dan menempati sebuah bangunan kecil didominasi warna kuning. Kedai ini buka sejak pagi hari hingga malam hari sehingga cocok digunakan sebagai sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Yammmie Kranggan beralamat di Jalan Kranggan No. 29, kelurahan Cokrodiningratan, kecamatan Jetis, kota Yogyakarta 55233.

Lokasi Yammie Kranggan berada di tepi Jalan Kranggan sebelah barat dari SMA Bhinneka Tunggal Ika. Area parkir yang disediakan terbatas untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor saja. Pengunjung yang membawa kendaraan roda empat atau mobil agak kesulitan parkir karena sempitnya lahan parkir dan area tepi jalan. Menu makanan yang disediakan Yammie Kranggan antara lain Yammie Pangsit Biasa, Yammie Jamur Biasa, Yammie Goreng Biasa, Yammie Goreng Pangsit, Pangsit Kuah, Pangsit Goreng, dan Bakso Pangsit Kuah. Sedangkan pilihan minuan cukup bervariasi mulai dari variasi susu murni, kopi, teh, dan jeruk.

Penyajian menu Yammie Pangsit Jamur Biasa menggunakan mangkuk putih berukuran tanggung.  Seperti penyajian yamie atau mie ayam Jakarta pada umumnya, antara mie dengan kuah dipisah. Pada semangkok Yammie Pangsit Jamur Biasa berisi mie, potongan daging ayam, rajangan daun bawang, taburan bawang goreng, dua potong pangsit basah atau rebus, dan beberapa potong jamur tiram.

Baca Juga  Taman Sungai Mudal Kulon Progo, Taman Air dan Air Terjun Dibawah Gunung Kelir

Cita rasa yang yang ditawarkan sajian Yammie Pangsit Jamur Biasa ini cenderung gurih tanpa ada dominasi rasa asin ataupun manis. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) tidak berasa dan lebih terasa kaldu ayam sebagai pengganti penyedap rasa buatan. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa dengan kedai Yammie Pathuk yang telah membuka beberapa cabang di kota Jogja.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan kedai Yammie Kranggan tergolong standar untuk ukuran harga yammie di sekitar kota Yogyakarta. Secara keseluruhan Yammmie Kranggan dapa menjadi salah satu pilihan bersantap yammie di sekitar kawasan Tugu Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat