Yammie Ketandan Yogyakarta, Bersantap Kuliner Sambil Foto-Foto

Yammie Ketandan merupakan daya tarik kuliner mie ayam di sekitar Malioboro dan Kampung Pecinan Ketandan. Kedai ini dikemas dengan bangunan dan penataan yang unik dimana memadukan bangunan pecinan, dinding rumah kayu jawa, dan ornamen atau aksesoris kuno seperti jam kayu, guci tua, mesin ketik tua, radio tua. Kedai yammie ini cukup menjadi favorit ketika diadakan Festival Budaya Tionghoa Yogyakarta yang diselenggarakan setiap tahun di kawasan ini. Menurut informasi, kedai ini berdiri belum lama yaitu sekitar tahun 2017-2018.

Yammie Ketandan beralamat di Jalan Ketandan Wetan No.14, kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta 55122.

Lokasi Kedai Yammie Ketandan berada di kawasan Kampung Ketandan yang terkenal sebagai kawasan pecinan di sekitar Malioboro Yogyakarta. Posisi warung mie ayam ini berada di dalam kawasan dan dekat dengan perempatan jalan kecil dan area parkir inap mobil dan motor di kawasan Ketandan. Area parkir tidak disediakan oleh kedai ini dan pengunjung yang membawa kendaraan dipersilakan parkir di area parkir sebelah timur atau area parkir dekat dengan pertokoan Ramayana.

Penyajian menu yammie ayam pangsit di Kedai Yammie Ketandan sama seperti penyajian mie ayam Jakarta atau mie ayam oriental/chinnese pada umumnya dimana antara kuah dengan mie dipisah. Kesan pertama saya mengenai penyajiannya mirip seperti penyajian Yammie Panda. Dalam satu porsi yammie atau mie ayam terdiri dari 2 (dua) mangkuk. Mangkuk pertama berisi mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan 2 (dua) potong pangsit rebus. Mangkuk kedua berisi kuah kaldu dengan taburan daun loncang yang diiris tipis. Kecap asin, kecap manis, sambal, dan bubuk lada disediakan di setiap meja makan. Pada mangkuk, mie atau bakmi ditaruh paling dasar, diatasnya ditaruh potongan sawi hijau rebus, dan topping potongan daging ayam serta pangsit rebus diletakkan pada bagian atas. Bakmi atau mie yang digunakan berbentuk agak bergelombang, berukuran kecil, dan agak kering berminyak. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang cukup pas. Bagi saya pribadi ukuran mie yang digunakan mirip mie yang digunakan pada warung Mie Ayam Jakarta Wetan Tugu Pak Pardi dan Mie Ayam Jakarta Pak Katiyo Janti.

Cita rasa sajian mie ayam pangsit di Kedai Yammie Ketandan cenderung gurih dengan rasa condong ke arah asin. Bumbunya cukup pas dan terasa menyatu dengan mie meski disantap dengan kuah terpisah. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) tidak berasa dan lebih terasa kaldu ayam sebagai pengganti penyedap rasa buatan. Hanya saja sajiannya tidak memiliki karakter yang unik seperti sajian yammie di kedai-kedai mie bergaya oriental. Harga yang ditawarkan tergolong mahal untuk ukuran kedai namun sebanding dengan tempat makan unik serta nyaman yang ditawarkan. Secara keseluruhan Kedai Yammie Ketandan dapat menjadi salah satu pilihan bersantap mie ayam oriental di sekitar Malioboro sisi selatan dan kawasan pecinan Ketandan Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Mie Ayam Bakso Pak Jo, Pilihan Mie Ayam Di Patangpuluhan Yogyakarta
INFORMASI
Yammie Ketandan
Jl. Ketandan Wetan No.14, kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta 55122

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 11.00 s/d 21.00 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. gallant:

    aku pernah mrene, tapi rung sempet tuku. mrene pas aku lagi poso.
    pas ndelok-ndelok ketoknya kok enak

Kirim pendapat