Yamie Ayam Jakarta Katamso Yogyakarta

Yamie Ayam Jakarta Katamso Yogyakarta
4 (80%) 1 vote

Yamie Ayam Jakarta Katamso merupakan daya tarik kuliner yamie atau mie ayam Jakarta di tepi Jalan Brigjen Katamso Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal pecinta kuliner yamie karena cita rasanya yang khas dan sudah buka dalam waktu yang cukup lama. Warung ini cocok menjadi salah satu pilihan bersantap malam karena buka menjelang matahari terbenam.

Yamie Ayam Jakarta Katamso berada di depan toko Sumber Baru Motor, Jalan Brigjen Katamso No. 44 Yogyakarta.

Lokasi Yamie Ayam Jakarta Katamso berada di emperan depan toko Sumber Baru Motor Jalan Brigjen Katamso Yogyakarta. Untuk menuju ke warung yamie ayam ini cukup mudah dari Alun-Alun Utara ke arah timur hingga pertigaan Gondomanan yang terlihat ada bangunan kastil atau yang sering disaebut Gereja Gothic. Selanjutnya ambil jalan ke arah kanan atau ke arah selatan menuju ke Jogjatronik. Beberapa meter sebelum tiba di Jogjatronik, perhatikan sisi kanan jalan letak warung yamie ini berada di tepi jalan.

Menu yamie atau mie yang ditawarkan Warung Yamie Ayam Jakarta Katamso antara lain yamie ayam, yamie ayam pangsit, yamie ayam bakso, yamie ayam komplit, bakso kuah, bakso pangsit, yamie goreng, nasi goreng, dan magelangan.

Penyajian menu yamie ayam pangsit di Warung Yamie Ayam Jakarta Katamso sama seperti penyajian yamie atau mie ayam Jakarta pada umumnya dimana antara mie dan kuah disajikan secara terpisah. Porsi mie dalam mangkok terlihat melimpah atau bisa dibilang seperti porsi jumbo. Bentuk mie yang digunakan berdiameter besar, tebal, dan bergelombang. Ciri mie semacam ini sebenarnya belum dapat dikatakan sebagai yammie karena yammie cenderung berdiameter kecil dan tipis. Potongan daging ayam terlihat besar-besar dan jumlahnya cukup banyak. Tidak ketinggalan pula potongan sawi hijau rebus yang cukup banyak dan tidak terkesan pelit.

Penyajian menu yamie goreng di Warung Yamie Ayam Jakarta Katamso mirip seperti penyajian mie goreng pada umumnya dan tidak terlihat seperti mie ayam yang digoreng. Potongan wortel yang ditambahkan pada yamie goreng memberikan kesan berbeda dan tidak seperti bakmi biasa. Porsinya dapat digolongkan jumbo seperti sajian yamie kuah atau rebus. Cita rasa yang ditawarkan masih meninggalkan rasa yamie ayam namun ada sedikit tambahan bumbu yang menunjukkan bahwa hidangan tersebut dipengaruhi rasa bakmi goreng bergaya oriental.

Harga yang ditawarkan oleh Warung Yamie Ayam Jakarta Katamso tergolong standar dan hampir sama dengan harga yamie di sekitar kota Yogyakarta. Pengunjung disarankan datang ke tempat ini dalam kondisi lapar karena porsinya cukup banyak dan rugi kalau tidak dihabiskan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat