Review Skuter Elektris Xiaomi Mijia M365 Pro, Penerus Kesuksesan Mijia Seri Classic

Xiaomi Mijia M365 Pro merupakan salah satu produk e-scooter atau skuter elektris penerus Xiaomi Mijia M365 yang cukup laris di pasar skuter elektris. Skuter elektris Xiaomi Mijia M365 Pro diperkenalkan pada awal tahun 2019 tepatnya bulan Februari disinyalir untuk menggantikan seri sebelumnya. Walaupun pihak Xiaomi tidak mengkonfirmasinya dan tetap memproduksi seri lama (M365 biasa atau dikenal sebagai M365 classic) hingga akhir tahun 2019.

Produk Xiaomi Mijia M365 Pro ini memiliki kesamaan bentuk dengan M365 lama namun ada sedikit peningkatan performa. Peningkatan yang tampak terletak pada jarak tempuh sekali pengisian baterai yang lebih panjang yaitu 45 km dan tampilan dasboard menggunakan LCD. Walaupun tidak banyak perubahan, Xiaomi berharap perkenalan Xiaomi Mijia M365 Pro ini menjadi penyegaran produk skuter elektris sebelumnya yang cukup laris dipasaran dan mendapat banyak penghargaan.

SPESIFIKASI

BrandXiaomi
ModelMijia M365 Pro
Weight14.2 kg
Battery12800 mAh
Voltage36 v
Motor300 watt
Tires8.5 inch Pneumatic Tyres (front & rear)
BrakeFront : electrical ; Rear : mechanical disk brake
Top Speed25 km/h
Gradeability20%
Distance45 km
Charging Time8.5 hour
Load Limit100 kg
MaterialAerospace-grade Aluminum Alloy
IPXIP54
ColorBlack
Accessories
Warranty
*Spesifikasi Xiaomi Mijia M365*

DESAIN

Desain skuter elektris Xiaomi Mijia M365 Pro memiliki kesamaan dengan desain pendahulunya yaitu Xiaomi Mijia M365. Xiaomi mempertahankan bentuk yang terlihat menarik, futuristik, dan fashionable dengan rangka body yang ramping namun terlihat kokoh. Desainnya simpel sangat cocok dengan anak muda maupun orang dewasa. Pilihan warna hanya ada satu warna yaitu warna hitam saja. Material yang digunakan menggunakan logam alumunium yang biasa dipakai pada industri pesawat terbang. Skuter elektris Xiaomi Mijia M365 Pro ini juga dilengkapi sertifikasi IP54 dimana tahan terhadap masuknya debu (Dust Protected level 5) dan tahan terhadap Percikan Air (Splash Water level 4).

FITUR

Skuter elektris Xiaomi Mijia M365 Pro memiliki fitur yang hampir sama seperti pendahulunya seperti fitur konektivitas bluetooth, lampu penerangan depan, lampu belakang sekaligus lampu rem, rem belakang cakram, rem depan elektrik, kick-stand, dan bel analog. Penambahan fitur yang ada adalah panel lcd display pada bagian dasboard bagian tengah handel menggantikan panel lampe led. Panel lcd display ini memberikan informasi berupa baterai bar dan kecepatan skuter saat berjalan. Selain itu ada indikator nyala lampu Depan dan belakang, bluetooth aktif, dan lampu peringatan kerusakan.

Baca Juga  Pengalaman Menggunakan Ban Luar CST Bawaan Skuter Elektris Xiaomi Mijia M365

Fitur konektivitas bluetooth memiliki fungsi menghubungkan antara skuter elektris dengan perangkat ponsel atau smartphone. Pada smartphone yang terhubung dengan skuter elektris Xiaomi Mijia M365 Pro dapat dilakukan update firmware, cek odometer, cek speedometer, kapasitas baterai, kondisi baterai, temperatur baterai, dan sebagainya. Aplikasi yang mendukung skuter elektris ini cukup bervariasi dikembangkan oleh Xiaomi dan pihak ketiga. Aplikasi yang disediakan mendukung Android OS dan Apple IOS.

PERFORMA, JARAK, BATERAI

Skuter elektris Xiaomi Mijia M365 Pro dikategorikan sebagai skuter kelas menengah/kelas bawah dimana digunakan sebagai penghubung antar moda transportasi seperti bus umum dan kereta api (MRT). Tidak direkomendasikan sebagai skuter kelas atas sebagai pengganti kendaraan utama. Penggunaan mesin dinamo motor yang telah ditingkatkan sedikit menjadi 300 watt dengan tenaga puncak 600watt dirasa cukup untuk mendukung aktivitas tersebut.

Pengguna skuter elektris ini disarankan melewati jalur sepeda karena kecepatan maksimal sedikit diatas sepeda yaitu sekitar 25 km/jam dan setara dengan EV (electric vehicle) yang lain seperti sepeda listrik. Sebenarnya kecepaatan maksimal (top speed) Xiaomi mijia M365 Pro dapat ditingkatkan dengan melakukan custom firmware (cfw) dimana di beberapa forum dapat ditingkatkan hingga 33 km/jam atau 10 km lebih cepat dibandingkan firmware bawaan.

Kapasitas baterai 12800 mAh (12.8Ah) dirasa cukup untuk menempuh total jarak sekitar 45 km. Walaupun dalam pelaksanaanya hanya dapat mencapai jarak 30 km menggunakan mode S (sport), mencapai 35 dengan mode D (drive), dan mencapai jarak 45 km dengan menggunakan mode Echo (santai/hemat daya) yang memiliki limit kecepatan 16km/jam. Selain itu jarak tempuh juga dipengaruhi oleh kondisi jalan dan berat badan pengguna skuter elektris.

Baca Juga  Review Damper Karet Peredam Getaran Xiaomi Mijia M365, Aksesoris Yang Tidak Perlu Dibeli

Baterai yang digunakan oleh skuter elektris Xiaomi Mijia M365 menggunakan baterai merk LG (LG cell) dengan warna ungu yang cukup dikenal dengan kualitas dan ketahanannya. Pengisian baterai belum mendukung pengisian cepat (fast charging) dan membutuhkan waktu pengisian daya hingga 8.5 jam dari baterai kosong hingga penuh.

PENGEREMAN

Skuter Elektris Xiaomi Mijia M365 Pro menggunakan rem bersistem ABS dimana pada bagian depan menggunakan rem bertipe elektrik (electrical brake) dan belakang menggunakan rem cakram mekanik (mechanical disk brake). Kinerja remnya cukup berfungsi dengan baik untuk batas kecepatan standar hingga 25km/jam. Beberapa forum menyarankan agar rem atau kalipernya diganti dengan rem semihidrolis misal Zoom Xtech HB100 untuk meningkatkan performa pengereman.

HARGA

Skuter Elektris Xiaomi Mijia M365 Pro telah resmi berhenti diproduksi dan telah digantikan seri terbarunya yaitu Mi Scooter Pro 2. Walaupun demikian produk baru skuter elektris ini masih banyak diperjualbelikan di berbagai negara. Kisaran jual harga baru sekitar $450 hingga $500 dan di Indonesia sendiri dijual oleh distributor dengan harga Rp 6.500.000,- hingga Rp 7.500.000,-. Harga bekas di Indonesia sendiri berkisar antara Rp 5.000.000,- hingga Rp 6.000.000,- tergantung kondisinya.

KESIMPULAN

Skuter Elektris Xiaomi Mijia M365 Pro merupakan skuter elektris dengan desain yang cukup menarik dan fashionable yang menggantikan versi sebelumnya. Tidak ada peningkatan yang berarti selain fitur panel LCD display pada dashboard dan penambahan kapasitas baterai. Selisih harga dengan versi pendahulunya cukup lumayan yaitu satu setengah kalinya. Bagi yang mebutuhkan jarak tempuh yang lebuh jauh skuter elektris Xiaomi Mijia M365 Pro dapat menjadi pertimbangan dibandingkan dengan versi pendahulunya. (text/foto: annosmile)

SKUTER ELEKTRIS LAIN UNTUK DIPERTIMBANGKAN

Skuter Elektris lain dengan spesifikasi yang hampir sama dengan Xiaomi Mijia M365 Pro yang dapat dipertimbangkan antara lain Ninebot ES4, Ninebot Max G30, Inokim Quick 3 Hero, dan sebagainya.

ARTIKEL TERKAIT

Kirim pendapat