Wedang Kopi, Kuliner Khas Pedesaan Di Sekitar Prambanan

Wedang Kopi Prambanan merupakan restoran atau rumah makan yang berkonsep suasana khas pedesaan Jawa. Konsep semacam cukup potensial karena orang-orang kota maupun wisatawan asing merindukan suasana perkampungan pedesaan Jawa sudah mulai jarang ditemui. Keberadaan rumah makan ini belum lama berdiri dan menyasar target wisatawan Candi Prambanan dan Candi Plaosan yang setiap tahun semakin bertambah kunjungannya.

Wedang Kopi terletak di Jl. Prambanan-Manisrenggo No. 16, desa Bugisan, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454.

Warung Wedang Kopi Prambanan dari Depan

Lokasi Wedang Kopi Prambanan berada di tepi Jalan Prambanan-Manisrenggo atau akses utama menuju ke arah Candi Plaosan. Rute termudah menuju tempat ini dari perempatan Taman Wisata Candi Prambanan – Jalan Solo ke arah timur hingga menemukan perempatan dengan lampu lalu lintas. Ambil jalan ke kiri mengikuti petunjuk arah menuju ke Candi Plaosan. Ikuti jalan tersebut lurus sekitar 1-2 kilometer dan posisi rumah makan berada di kiri jalan dekat dengan perempatan penghubung Candi Sewu dengan Candi Plaosan.

Area Wedang Kopi cukup luas dengan bentuk memanjang ke belakang yang terdiri dari 3 (tiga) bangunan rumah joglo, 1 (satu) rumah bekas kandang sapi, kolam ikan, dan area taman yang dihiasi pernak-pernik pedesaan di Jawa. Disamping kanan dan kiri rumah makan masih terlihat hamparan sawah. Entah keberadaan sawah tersebut bertahan karena pembangunan di sekitar kawasan wisata Candi Prambanan cukup pesat. Meja, kursi, dan bangku yang disediakan sebagai tempat duduk terbuat kayu.

Baca Juga  Pecel Pincuk Gumilang, Kuliner Pecel Khas Blitar Di Yogyakarta

Pengunjung Wedang Kopi Prambanan dipersilakan memilih tempat duduk yang disediakan. Ada dua pilihan tempat duduk yaitu di dalam ruangan yaitu pada bangunan rumah joglo atau bangunan rumah Jawa yang terbuat dari kayu dan di luar ruangan yang dikelilingi taman kecil. Pengunung dipersilakan memesan minuman dan camilan yang daftar menunya disajikan oleh pelayan. Sedangkan bila ingin makan berat, pengunjung dipersilakan mengambil sendiri di meja prasmanan dekat dengan meja kasir. Pada meja prasmanan terdapat beberapa panci berisi sayur dan lauk. Pengunjung bebas mengambil nasi dan sayur sebanyak yang dibutuhkan kecuali lauk dihitung per biji. Konsep mengambil makan sendiri atau secara prasmanan ini sudah banyak diaplikasikan pada rumah makan atau restoran bergaya tradisional yang pernah saya kunjungi seperti Warung Kopi Klotok di Sleman dan Kampung Mataraman di Ringroad Selatan Yogyakarta,

Harga makanan dan minuman di Wedang Kopi Prambanan Klaten tergolong mahal karena menjual konsep, tempat, dan suasana. Selain itu letaknya mudah diakses dan cukup strategis karena berada dekat dengan kawasan wisata Candi Prambanan, Candi Sewu, dan Candi Plaosan. Bila masih ada pengunjung yang keberatan dengan harga yang mahal, ada alternatif tempat makan serupa yang harganya cukup terjangkau semua kalangan yaitu Warung Geblek Pari Nanggulan di daerah Kulon Progo sebelah barat dari kota Yogyakarta. (text/foto:annosmile)

INFORMASI
Wedang Kopi terletak
Jl. Prambanan-Manisrenggo No. 16, desa Bugisan, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 21.30 WIB

Kirim pendapat