Watu Tunggang, Batu Petilasan Di Desa Wisata Tunggul Arum Sleman

Watu Tunggang yang berada di dalam kawasan Desa Wisata Tunggul Arum dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat istirahat para prajurit Panembahan Senopati Kasultanan Mataram Islam saat hendak melakukan labuhan ke puncak Gunung Merapi. Cerita tersebut sudah turun temurun beredar di masyarakat setempat dan sebagian dari mereka mengkeramatkannya. Belum ada bukti lain yang memperkuat keberadaan cerita Watu Tunggal ini.

Watu Tunggal terletak di Desa Wisata Tunggul Arum, dusun Tunggul Arum, desa Wonokerto, kecamatan Turi, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Watu Tunggang Di Desa Wisata Tunggul Arum Sleman

Lokasi Watu Tunggal berada di dalam kawasan Desa Wisata Tunggul Arum Sleman atau tepatnya berada di tengah jalan dekat Bunker Tunggul Arum dan Gardu Pandang Tunggul Arum. Saat dilakukan pembuatan jalan baru yang membelah kawasan Desa Wisata Tunggul Arum, sesepuh kampung meminta keberadaan Watu Tunggal dipertahankan. Akhirnya dibuatkan area kecil di tengah jalan dengan lebar sekitar 2-3 meter untuk melindungi batu yang dikeramatkan tersebut. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Mie Ayam Sido Mampir, Alternatif Kuliner Mie Ayam Di Sekitar Palagan Rejodani Sleman

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    bentuknya tidak unik … seperti batu biasa saja

Kirim pendapat