Watu Payung Semin Gunungkidul

Watu Payung Semin merupakan daya tarik wisata alam berupa perbukitan di perbatasan antara kabupaten Gunungkidul dengan kabupaten Sukoharjo. Keberadaannya telah dikembangkan menjadi kawasan wisata meskipun kondisinya saat ini terbengkalai dan tidak terawat. Sulitnya akses jalan, minimnya fasilitas, dan kurangnya promosi wisata menjadi penyebab tempat ini kurang dikenal dan jarang dikunjungi.

Bukit Watu Payung Semin (Batu Payung) terletak di dusun Ngentak, desa Candirejo, kecamatan Semin, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Gasebo Di Atas Bukit Watu Payung Semin Gunungkidul

Lokasi Bukit Watu Payung Semin masih satu kawasan dengan Telaga Biru Semin yang akhir-akhir ini ramai dikunjungi wisatawan. Dari percabangan jalan terakhir sebelum Telaga Biru, pilihlah jalan lurus dan menanjak menuju ke Bukit Watu Payung. Kondisi jalan sedikit rusak dan diperlukan kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan khususnya kendaraan beroda dua. Kendaraan dapat diparkir di halaman parkir vihara kecil yang ada di samping jalan setapak menuju puncak bukit.

Penggunaan nama Watu Payung atau Batu Payung cukup sering digunakan pada kawasan yang memiliki bebatuan yang mirip seperti payung. Beberapa daerah lain di Gunungkidul juga menggunakan nama watu payung sebagai nama obyek wisatanya seperti Watu Payung Turunan Panggang dan Watu Payung di desa wisata Kemuning. Untuk kawasan Watu Payung Semin sendiri, bentuk bebatuan seperti payung tidak terlihat karena tertutup oleh rerimbunan ranting pohon yang tumbuh lebat.

Baca Juga  Pantai Mancingan Baru, Spot Mancing di Kawasan Pantai Parangtritis

Pemandangan Dari Bukit Watu Payung Semin Gunungkidul

Kondisi puncak bukit Watu Payung Semin mirip seperti puncak gunung api purba dimana terdiri dari batuan beku andesit yang berwarna hitam keabu-abuan. Padahal perbukitan yang ada disebelah baratnya merupakan batuan berjenis batu putih. Tidak diketahui apakah kawasan perbukitan ini tergolong gunung api purba karena belum ada penelitian di sekitar kawasan ini. Secara keseluruhan Bukit Watu Payung Semin menarik digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbenam atau sunset karena tidak terhalang oleh bukit atau rerimbunan pohon di sisi baratnya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Bukit Watu Payung Semin
Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: *gratis*
Parkir Motor: *gratis*

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ari:

    Bos tolng di up lagi tentang watu payungnya..thks

    • admin:

      Hi Ari,
      Silakan bantu bagikan artikel ini di sosial media Anda. Terima kasih :-)

Kirim pendapat