Monumen Watu Gajah Di DAM Kali Gendol Sleman

Watu Gajah atau Batu Gajah merupakan monumen batu yang berasal dari muntahan lahar Erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Pembangunan monumen ini untuk mengenang bencana Erupsi Merapi tahun 2010 dan sebagai media informasi penanggulangan banjir lahar dingin Gunung Merapi. Saat ini Watu Gajah menjadi salah satu spot foto pesepeda dan wisatawan yang akan menuju ke Bukit Klangon yang ada di sebelah atasnya.

Watu Gajah beralamat di DAM aliran Sungai Gendol, dusun Bakalan, desa Argomulyo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Watu Gajah berada di atas DAM atau bendungan Sungai Gendol yang berhulu dari puncak Gunung Merapi dan mengarah ke aliran Sungai Opak. Rute menuju tempat ini dengan mengikuti Jalan Cangkringan dari daerah Kalasan Sleman. Ikuti jalan terus hingga perempatan Pasar Bronggang kemudian belok kanan menuju ke DAM atau bendungan. Posisi monumen Watu gajah berada di tengah-tengah jalan di atas DAM Sungai Gendol.

Sejarah Watu Gajah ini berasal dari aliran piroklastik yang terbesar pada tanggal 5 November 2010. Luncuran erupsi Merapi yang mengarah ke aliran Sungai Gendol ini mencapai 15 km dari puncak Gunung Merapi. Watu Gajah ini dijadikan monumen bencana Erupsi Gunung Merapi tahun 2010 karena bongkahan batu ini tidak dapat dipindah. Batu yang berukuran sebesar gajah ini hampir menutupi akses jalan diatas bendungan dan telah dilakukan upaya pemindahan denagn alat berat namun tidak berhasil. Kegagalan proses pemindahan ada yang menyimpulkan diakibatkan oleh faktor metafisika. Akhirnya baru tersebut dibiarkan diatas bangunan DAM dan dibangun sebagai monumen peringatan. (text/foto: annosmile)

SEJARAH SINGKAT PENANGGULANGAN BANJIR LAHAR GUNUNG MERAPI

1969 : Erupsi Gunung Merapi dan penyebab bencana banjir lahar dingin

Baca Juga  Bendungan Sapon Sungai Progo Dan Jembatan Penghubung Dua Wilayah

1971 : Pengerjaan sabo sudah mulai dilakukan di sepanjang Sungai Gendol

1972 : Sabo dam pertama dibangun dibawah kerjasama teknik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Jepang

1970 – 1990 : pembangunan dan perbaikan fasilitas sabo terus dilakukan

2006 : Erupsi Gunung Merapi kawah terbuka berarah ke Sungai Gendol

2006 – 2007 : Penanggulangan terhadap erupsi 2006 telah dilakukan

2010 : Erupsi Gunung Merapi itu adalah letusan terbesar

2011 – 2018 : Rehabilitasi dan perbaikan fasilitas sabo telah dilakukan

INFORMASI
Watu Gajah
DAM aliran Sungai Gendol, dusun Bakalan, desa Argomulyo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Kirim pendapat