Warung Teh Poci Pak Margono, Ngeteh Sambail Menikmati Sajian Bakmi Lethek Goreng

Warung Teh Poci Pak Margono merupakan salah satu daya tarik kuliner di kawasan Makam Raja-Raja Mataram Imogiri. Keberadaannya cukup dikenal karena daya tarik teh pocinya yang jarang ditemukan di warung lain. Warung ini buka sejak sore hari hingga tengah malam.

Warung Teh Poci Pak Margono beralamat di Jalan Makam Raja, dusun Pajimatan, desa Girirejo, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55782.

Lokasi Warung Teh Poci Pak Margono berada di dekat gerbang masuk Makam Raja-Raja Mataram Imogiri. Posisi warung ini berada di tepi jalan utama dan dekat dengan aliran sungai kecil atau selokan. Bila pernah singgah ke Angkringan Pak Wi Imogiri, masih lurus terus hingga dekat dengan pintu masuk kompleks makam. Area parkir yang disediakan warung ini hanya untuk kendaraan roda dua saja. Pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat dapat parkir di area parkir Makam Raja-Raja Imogiri atau di Terminal Parkir Bus Makam. Tempat duduk yang digunakan dapat di meja kursi teras warung, lesehan dalam warung, dan lesehan di tepi jalan.

Warung Teh Poci Pak Margono menyediakan menu utama berupa sajian teh poci khas Imogiri disamping itu juga menyediakan menu minuamn lain seperti teh, jeruk, kopi, minuman seduh (instan), dan wedang uwuh khas Imogiri. Menu makanan yang ditawarkan warung ini seperti mie instan rebus dan goreng, mie lethek rebus, mie lethek goreng, nasi godog (rebus), nasi goreng, dan nasi goreng magelangan. Bila tidak ingin makan makanan berat bisa mengambil makanan ringan atau camilan seperti aneka goreng, aneka kue (donat, roti), aneka kacang, aneka kripik, aneka makanan desa, dan beragam makanan kemasan.

Baca Juga  Kuliner Wedangan di Lesbian Siyono Gunungkidul

Penyajian menu teh poci di Warung Teh Poci Pak Margono terdiri dari gelas bening, alas gelas yang berisi gula batu, dan poci dari tanah liat yang berisi teh yang telah diracik dengan air panas. Cara menyajikannya tinggal menuangkan isi teh dari poci ke dalam gelas bening. Selanjutnya tambahkan gula batu sesuai dengan selera. Cita rasanya teh pocinya cukup menarik meskipun tidak seenak teh poci yang banyak ditemukan di sepanjang daerah pantura Jawa Tengah. Namun bagi saya pribadi jauh lebih unggul daripada sajian teh poci yang ditawarkan Angkringan Kang Harjo Wijilan dan Warung Poci Astomulyo di Kaliurang.

Penyajian menu bakmi atau mie lethek goreng menggunakan piring tanggung berwarna putih. Cara penyajian dan proses memasaknya sama seperti pada bakmi jawa umumnya. Hal yang membedakan hanya pada bahan mie-nya yaitu menggunakan mie lethek yang berasal dari daerah Srandakan Bantul. Cita rasa sajian mie lethek goreng cenderung gurih dan manis khas masakan Jawa. Bagi saya hampir sama dengan Mie lethek Mbah Mendes yang terkenal itu. Sajian ini cukup direkomendasikan untuk dicicipi sambil menikmati sajian teh poci.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Warung Teh Poci Pak Margono tergolong murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Pengunjung diharapkan menjaga ketenangan karena warung ini berada di area perkampungan penduduk. Secara keseluruhan Warung Teh Poci Pak Margono dapat menjadi salah satu pilihan wisata kuliner malam di sekitar kawasan Makam Raja-Raja Mataram Imogiri. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Teh Poci Pak Margono
Jl. Makam Raja, dusun Pajimatan, desa Girirejo, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55782

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d 02.00 WIB

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Alid Abdul:

    Beberapa kali ke Jogja, tapi belum pernah sekalipun mampir ke makam Imogiri. Fix nanti klo ke Jogja, bakalan ke sana dan makan mie lethek di warung teh poci Pak Margono :D

Kirim pendapat