Warung Sego Abang Pari Gogo, Hidangan Khas Pedesaan Di Gunungkidul

Warung Sego Abang Pari Gogo, Hidangan Khas Pedesaan Di Gunungkidul
2 (40%) 1 vote

Warung Sego Abang Pari Gogo merupakan salah satu warung yang menyediakan sajian makanan khas pedesaan di Gunungkidul. Warung ini telah lama dibuka dan menjadi salah satu pilihan berwisata kuliner di sekitar Wonosari atau Gunungkidul. Hingga saat ini warung ini belum membuka cabang di tempat ini.

Warung Sego Abang Pari Gogo atau Mbah Jirak terletak di Jl. Wonosari, Semanu, Gunungkidul (Barat Jembatan Jirak). Mulai buka sejak pulul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Warung Sego Abang Pari Gogo Dari Depan

Lokasi Warung Pari Gogo cukup strategis ditepi jalan raya dengan area parkir cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan roda empat. Warna warung yang didominasi warga biru mempermudah pelanggan untuk mengetahui posisi warung ini dari jauh. Selain itu tidak adanya warung makan lain disekitar tempat ini menjadikan warung ini menjadi satu-satunya warung makan yang menjadi tujuan seseorang untuk berhenti untuk mengisi perut yang kosong.

Kami yang sedang keroncongan langsung memarkir kendaraan dan bergegas memasuki Warung Sego Abang Pari Gogo. Ada dua pilihan tempat duduk yaitu duduk secara lesehan atau duduk di meja kursi biasa. Kami memilih duduk lesehan sambil melepas lelah meluruskan kaki yang sedikit pegal. Tidak berapa lama sang pelayan datang menyajikan hidangan khas pedesaan yang ada. Ada sego abang (nasi merah) khas Gunungkidul, sayur daun ketela, sayur lombok ijo, ayam kampung goreng, daging empal goreng, iso babat goreng, sayur trancam, sayur lodeh, wader goreng, sambel uleg, dan lain sebagainya.

Sejarah Warung Sego Abang Pari Gogo ini telah dikelola hingga empat generasi dan mulai buka sejak puluhan tahun yang lalu. Tidak diketahui sejak kapan warung ini berdiri namun diperkirakan sudah berumur setengah abad lebih. Beberapa tokoh nasional seperti Megawati, Guruh Soekarno Putera, Sultan Hamengku Buwono pernah mampir di warung ini.

Menu Khas Pedesaan Warung Sego Abang Pari Gogo

Semua jenis makanan yang ada di Warung Sego Abang Pari Gogo disajikan kepada pengunjung dan pengunjung dipersilakan mengambil makanan yang disukainya. Jadi apa yang kita ambil dan kita makan dari makanan yang disajikan yang akan kita bayar nanti ketika meninggalkan warung ini. Disekitar tempat duduk juga disediakan bermacam-macam krupuk dan makanan kecil sembari menikmati makanan khas Gunungkidul ini.

Nasi Merah Khas Warung Sego Abang Pari Gogo

Kami langsung mengambil nasi merah (sego abang) khas Warung Sego Abang Pari Gogo dengan variasi lauk yang disajikan didepan tempat duduk kami. Rasanya cukup enak dan lezat karena masakan jenis ini sudah jarang ditemukan di daerah perkotaan. Bumbu khas pedesaan yang tidak menggunakan bahan penguat masakan menjadikan kami cukup lahap dan tambah porsi saat makanan di piring habis. Tidak heran bila rata-rata pelanggan di warung ini selalu lahap ketika menikmatai makanan dan puas ketika meninggalkan warung ini.

Nasi merah (sego abang) khas Gunungkidul memiliki keunggulan daripada nasi putih biasa salah satunya adalah kaya serat, protein, dan kaya akan zat antioksidan. Cara memprosesnya dengan ditubuk bukan digiling menjadikan nas merah harganya lebih mahal daripada nasi putih biasa.

Oleh-Oleh Khas Gunungkidul di Warung Sego Abang Pari Gogo

Setelah selesai menikmati makanan, kami pun tidak buru-buru meninggalkan Warung Sego Abang Pari Gogo. Kami bersantai sejenak sambil menikmati suasana warung yang cukup sederhana. Di bagian rak oleh-oleh kami menemui makanan khas Gunungkidul yang lain yaitu keripik belalang.

Warung Sego Abang Pari Gogo merupakan salah satu warung legendaris yang berada di kabupaten Gunungkidul. Dari generasi ke generasi rasa yang ditawarkan konon tidak berubah atau sama seperti awal mula berdiri. Harga yang ditawarkan cukup mahal untuk ukuran masakan khas desa di daerah pedesaan namun sebanding dengan rasa dan suasana yang disajikan. Bila telah mendengar atau mengetahui harga menu Warung Sego Abang Pari Gogo, sebagian orang lebih memilih warung makan serupa di sekitar kota Wonosari yang harganya lebih murah dan terjangkau.  (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Sego Abang Pari Gogo (Mbah Jirak)
Jl. Wonosari, Semanu, Gunungkidul (Barat Jembatan Jirak)

Jam Buka
Setiap hari pukul 06.00 s/d 17.00 WIB

Kirim pendapat