Warung Poci Astomulyo Kaliurang, Legenda Itu Telah Pindah Lokasi

Warung Poci Astomulyo adalah satu dari sekian banyak warung dan rumah makan yang tersebar di kawasan wisata Kaliurang. Warung poci ini cukup legendaris karena telah berdiri beberapa puluh tahun menempati sebuah gubug di kawasan Kaliurang. Hingga saat ini warung ini cukup menarik minat anak muda dan orang tua yang ingin nongkrong santai dengan suasana sepi dan jauh dari keramaian kota.

Warung Poci Astomulyo (Asto Mulyo) merupakan warung yang menyediakan menu utama minuman teh poci di kawasan wisata Kaliurang. Warung ini menempati sebuah bangunan di kawasan Jalan Boyong Kaliurang.

Warung Poci Astomulyo Kaliurang Di Lokasi Baru Dari Depan

Lokasi Warung Poci Astomulyo Kaliurang saat pertama kali dibuka menempati sebuah gubug kecil disebelah Taman Rekreasi Anak-Anak Kaliurang. Namun mulai awal April 2015, warung poci ini pindah ke lokasi baru di sekitar Jalan Boyong Kaliurang. Letaknya berada di sebelah selatan kawasan Museum Ullen Sentalu dan sekitar 500 meter dari bundaran Patung Udang.

Posisi Warung Poci Astomulyo sedikit masuk ke dalam gang kecil diantara penginapan di Jalan Boyong Kaliurang. Hal sempat membuat bingung pengunjung yang baru pertama kali menyambangi lokasi warung poci yang baru. Bila kesulitan menemukan warung poci ini bisa meminta bantuan kepada petugas parkir atau orang yang berada di sekitar bekas warung yang lama atau Taman Rekreasi Kaliurang. Bangunan Warung Poci Astomulyo berada di dalam area penginapan yang bernama Penginapan Poci Sari. Area parkir cukup luas dan dapat menampung beberapa buah kendaraan roda empat dan puluhan kendaraan roda dua.

Suasana Warung Poci Astomulyo Kaliurang Di Lokasi Baru

Penampilan Warung Poci Astomulyo Kaliurang yang baru cukup berbeda jauh dibandingkan penampilan warung poci yang lama. Warung Poci Astomulyo saat ini menempati bangunan permanen baru yang kondisinya cukup bersih dengan tempat duduk secara lesehan dan meja kursi. Namun ada beberapa hal yang dipertahankan seperti tembok yang dicorat-coret dengan cat semprot (pylox), pencahayaan yang redup, menu makanan yang ada, dan tidak pernah tutup (24 jam).

Baca Juga  Berburu Kuliner Sate Kere di Pujangga (Pusat Jajanan Gading)

Sajian teh poci khas Warung Poci Astomulyo Kaliurang merupakan salah satu daya tarik utama warung ini yang menjadi incaran banyak pengunjung. Penyajian Teh Poci tetap dipertahankan dengan poci kecil yang terbuat dari tanah liat berikut dengan cangkir dan alasnya. Bau yang ditimbulkan dari tanah liat konon disebut-sebut menambah cita rasa teh poci yang disajikan. Bagi yang belum percaya silakan bandingkan rasa antara sajian teh dengan poci tanah liat dibandingkan dengan poci dari logam.

Sajian Teh Poci Di Warung Poci Astomulyo Kaliurang Di Lokasi Baru

Racikan teh yang dicampurkan dalam teh poci menggunakan jenis teh melati (jasmine tea). Tidak diketahui merk apa yang digunakan Warung Poci Astomulyo Kaliurang untuk meracik secangkir teh poci. Namun yang jelas racikan teh poci menggunakan racikan teh lokal yang memiliki rasa lebih unik ketimbang teh produksi pabrik besar. Cita rasa yang ditawarkan teh poci di Warung Poci Astomulyo hampir sama dengan cita rasa teh poci yang disajikan di warung-warung teh poci sekitar Pantura Jawa Tengah. Cita rasa teh poci yang ditawarkan sebut saja WASGITEL yang berasal dari singkatan wangi, panas, legi (manis), dan kenthel (kental). Bila dibandingkan dengan teh poci hasil racikan Angkringan Kang Harjo Wijilan ataupun Warung Teh Poci Lek Min, secara pribadi saya lebih menyukai cita rasa teh poci Warung Poci Astomulyo Kaliurang ini.

Menu lain yang disajikan oleh Warung Poci Astomulyo Kaliurang cukup lengkap dan menarik untuk dicicipi mulai dari bakmi jawa hingga beraneka rasa roti bakar. Kombinasi makanan hangat dengan minuman hangat cocok dengan suasana Kaliurang yang bersuhu sejuk dan kadang terasa dingin pada malam hari. Pemesanan dapat dilakukan sewaktu-waktu karena warung ini buka 24 jam setiap harinya. Harga makanan yang ditawarkan cukup terjangkau meskipun didalam kawasan wisata.

Baca Juga  Upacara Adat Saparan Bekakak, Tradisi Peringatan Bulan Sapar Di Gamping Sleman

Sajian Kwetiaw Goreng Di Warung Poci Astomulyo Kaliurang Di Lokasi Baru

Pengunjung Warung Poci Astomulyo Kaliurang cukup betah berlama-lama berada di warung ini. Suasana yang santai dan tenang dengan hawa lereng pegunungan yang sejuk membuat orang malah beranjak dari tempat ini. Bila berkunjung ke warung ini cukup jarang melihat pengunjung terburu-buru meninggalkan warung kecuali ada urusan penting yang mendadak.

Warung Poci Astomulyo Kaliurang tetap menarik untuk dikunjungi meskipun suasananya tidak seperti warung yang lama. Jauhnya jarak dari pusat kota Yogyakarta tidak mengurangi niat pengunjung untuk mampir ke warung ini. Lokasi barunya terasa lebih luas dan mampu menampung lebih banyak pengunjung. Nama kawasan Astomulyo yang melekat pada Warung Poci Astomulyo tetap dipertahankan meskipun telah berpindah ke kawasan Boyong. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Poci Astomulyo Kaliurang
Jl. Boyong, Dusun Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY 55585
Telp: (0274) 4464093

Jam Buka
Setiap hari 24 jam

PETA

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. dody:

    terimakasih atas review untuk warung pocinya , menambah referensi buat kunjungan liburan nanti

  2. typepedia:

    Enak ya mas bisa jalan-jalan ?
    Udah pernah ke sabang mas ?

  3. kips:

    mmm… enak banget tuh teh pocinya, terlebih dinikmati dalam suasana dingin.
    Mantep pisan :-D

  4. Idah Ceris:

    Btw, saya belum pernah ke museum ullen sentalu, dong.
    Kalau ke sana bisa mampir nyeduh teh poci gula batu. :)

  5. mila said:

    eh ada petanya sekarang

Kirim pendapat