Sensasi Rasa Pedas Mangut Kepala Beong Di Warung Makan Sehati

Warung Makan Sehati merupakan warung makan legendaris yang letaknya dekat dengan Taman Wisata Candi Borobudur. Warung makan ini menyediakan menu utama berupa mangut ikan beong dengan rasa yang cukup pedas. Warung Makan Sehati Spesial Beong ini menjadi salah satu wisata kuliner yang layak dikunjungi di sekitar kawasan Candi Borobudur.

Warung Makan Sehati Spesial Beong terletak di Jalan Raya Borobudur-Salaman, desa Kembanglimus, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang. Warung ini buka mulai pukul 08.00 -hingga habis dan tidak membuka cabang di tempat lain.

Warung Makan Sehati Spesial Beong Dari Luar

Lokasi Warung Makan Sehati Spesial Beong ini mudah ditemukan karena berada di tepi jalan raya penghubung Borobudur dengan Salaman. Rutenya dari kawasan Taman Wisata Candi Borobudur ikuti Jalan Raya Borobudur-Salaman yang berada di depan Pasar Borobudur. Jarak tempuh dari Borobudur hingga Warung Makan Sehati Spesial Beong sejauh 3-4km dan membutuhkan waktu kurang dari 10 menit. Saat melewati pertigaan kecil menuju Bukit Punthuk Setumbu, pelankan kendaraan karena tidak lama lagi akan tiba di warung tersebut yang letaknya berada di sisi kiri jalan. Bila kendaraan melewati lapangan tembak milik TNI, berarti kita harus memutar kendaraan untuk berbalik arah karena sudah terlewat jauh.

Patokan Warung Makan Sehati Spesial Beong adalah bangunan SD Negeri Kembanglimus Borobudur. Lokasi Warung Makan Sehati berada disebuah bangunan kios yang berhimpit dengan warung lain disebelah bangunan sekolah dasar. Area parkir warung cukup sempit namun mampu menampung beberapa kendaraan roda empat. Bangunan Warung Makan Sehati yang kecil tampak penuh oleh pengunjung yang datang menikmati sajian menu mangut beong tersebut. Kamipun langsung memesan menu utama yang ada di warung ini yaitu mangut ikan beong. Ada dua pilihan dalam menikmati mangut ikan beong yaitu menikmati bagian tengah atau dagingnya atau bagian kepala ikan beong.

Ikan beong/baung bernama latin Hemibragus nemurus adalah ikan sejenis lele yang beratnya bisa mencapai 10 kg, lebih besar dari seekor lele dumbo. Lele dan Beong ini masih berasal dari satu rumpun yang sama dikarenakan sama-sama memiliki patil/sungut yang tumbuh seperti kumis di ujung hidungnya, berkulit licin, dan hidup di daerah sungai/air tawar. Yang membedakan adalah ukuran dan warnanya yang berbeda, yaitu kuning atau coklat cerah. Tidak seperti lele yang berwarna hitam atau abu-abu. Rasa daging ikan beong sangat gurih dan paling cocok untuk dimasak pedas, seperti mangut kepala beong ini. Beberapa orang beranggapan bahwa Ikan Beong memiiiki kemiripan dengan Ikan Patin.

Suasana Warung Makan Sehati Spesial Beong

Tidak lama kemudian tersaji beberapa piring mangut ikan beong pesanan kami di meja yang kami tempati. Khusus untuk ukuran mangut kepala ikan beong terlihat besar dan hampir memenuhi ukuran piring. Mangut kepala ikan beong ini disajikan dengan kuah yang sedikit berwarna kekuning-kuningan dan terdapat banyak potongan cabe yang sepertinya dimasak menjadi satu dan bukan ditabur atau disiram. Bau harum cukup menggoda dan membuat kami tidak sabar untuk sgera mencicipinya.

Baca Juga  Mangut Lele Bu Is, Pesona Kuliner Pedesaan di Jetis Bantul

Gurih bercampur pedas mewarnai rasa ketika mencicipi menu mangut ikan beong ini. Khususnya rasa pedas menjadi daya tarik olahan mangut beong di warung ini karena sangat pedas namun membuat nagih bila mencicipinya. Bumbu mangut yang terbuat dari bahan-bahan alami menyatu dengan rasa pedas dan memberikan keunikan rasa tersendiri. Hampir setiap orang yang menikmati mangut ikan beong akan berkeluar keringat yang banyak dan sesekali mengusap keringat agar tidak mengganggu saat makan.

Warung Sehati Spesial Beong ini pernah tutup gara-gara tidak mendapatkan pasokan ikan beong dari pemasok akibat ikan beong sedang langka ditemukan di sungai.

Beberapa Pilihan Menu Warung Makan Sehati Spesial Beong

Kami cukup puas dengan rasa mangut ikan beong yang unik, super pedas, dan potongan daging ikan yang cukup besar. Untung saja disekitar meja ada penawar rasa pedas seperti krupuk, gorengan, dan camilan kering. Selesai menikmati mangut kepala ikan beong, kami tidak segera meninggalkan warung ini dan bersantai sejenak sambil menghilangkan rasa pedas dimulut.

Sambil bersantai, kami mengamati suasana dalam Warung Makan Sehati Spesial Beong yang tampak sederhana bercat biru muda. Di sudut dinding terpasang beberapa foto pemilik dan pegawai warung dengan beberapa pejaat penting negera Indonesia seperti Bupati Magelang, Menteri Pariwisata, anggota DPR, dan masih banyak lagi.

Sajian Mangut Kepala Beong Warung Sehati

Warung Makan Sehati Spesial Beong ini menjadi magnet bagi pengunjungnya untuk kembali mencicipi hidangan super pedasnya. Tidak heran bila warung ini menjadi salah satu rujukan kuliner ketika berwisata ada berada di sekitar Candi Borobudur. Selain itu para penyuka rasa pedas wajib mengunjungi warung ini dan silakan coba bandingkan dengan menu masakan pedas lain yang banyak ditemui di berbagai tempat seperti oseng-oseng mercon, gudeg mercon, enthog slenget, aneka sambal, dan sebagainya.

Baca Juga  Sari Kedelai Shinta, Minuman Khas Kota Pare Yang Rugi Bila Terlewatkan

Bagi orang yang tidak suka rasa pedas jangan khawatir karena sekarang sudah ada menu lain yang khusus disediakan bagi orang-orang yang tidak suka rasa pedas seperti ayam goreng dan lele goreng. Harga yang ditawarkan cukup murah untuk ukuran warung makan di tepi jalan dan dekat dengan obyek wisata. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dimana warung ini tidak membuka cabang, warung ini tutup ketika olahan mangut ikan beong telah habis terjual, dan jangan sekali-kali mencoba mangut beong di tempat lan karena dapat membuat anda kecewa karena rasanya yang sama sekali berbeda dan kurang enak. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Mangut Kepala Ikan Beong : Rp 20.000,-
Mangut Daging Ikan Beong : Rp 15.000,-
Sayur Trancam : Rp 5.000,-
Nasi Putih : Rp 2.000,-
Kerupuk : Rp 1.000,-
Es Teh : Rp 2.000,-
Es Jeruk : Rp 3.000,-

INFORMASI
Rumah Makan Sehati Spesial Beong
Jl. P. Diponegoro KM 4 Kembanglimus, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Telp: 081327735456

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. cumilebay.com:

    Yang gw tau sech yaaa ikan baung kalo di palembang di jadikan pindang tapi ukuran nya ngak besar banget + lumayan mahal hehehe

    • admin:

      Hi Cumilebay,
      Iya ikan beong disini katanya memang mirip sama ikan baung di Palembang, entah cuma beda nama atau memang beda jenis ikannya :-)

Kirim pendapat