Warung Makan Lumayan, Pilihan Utama Bersantap Di Kota Purwodadi

Warung Makan Lumayan, Pilihan Utama Bersantap Di Kota Purwodadi
3.5 (70%) 2 votes

Warung Makan Lumayan Ibu Hj. Kadri merupakan warung makan yang cukup legendaris di kota Purwodadi. Keberadaannya menjadi salah satu pilihan tempat bersantap bagi pengunjung luar kota yang kebetulan berada di kota Purwodadi. Salah satu menu andalan warung ini adalah kuliner khas Purwodadi yaitu Sayur Becek.

Warung Makan Lumayan Ibu Hj. Kadri terletak di Jalan Ahmad Yani No. 37, Nglejok, desa Kuripan, kecamatan Purwodadi, kota Purwodadi, kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Lokasi Warung Makan Lumayan Ibu Hj. Kadri berada di Jalan Ahmad Yani yang terhubung dengan Jalan Raya Purwodadi-Demak. Posisi warung ini persis di seberang jalan Masjid Al-Huda Nglejok. Area parkir yang disediakan cukup terbatas menggunakan area tepi jalan raya. P{engunjung tidak perlu khawatir karena ada petugas parkir yang mengatur parkir pengunjung agar rapi, muat banyak, dan tidak mengganggu lalu lintas.

Warung Makan Lumayan menyediakan aneka menu masakan Jawa dan makanan khas Purwodadi yaitu Sayur Becek. Sayur Becek sebenarnya merupakan sup iga sapi yang dinikmati dengan nasi putih, kering tempe, dan kacang tolo. Hanya saja kuliner khas Purwodadi hanya tersedia mulai sore hari saja dan belum tersedia ketika waktu sarapan ataupun makan siang. Pengunjung yang baru datang dipersilakan ke etalase makanan untuk memesan dan memilih makanan secara langsung. Saat itu saya datang pada siang hari dan mendapati menu utama Sayur Becek belum tersedia.

Saya akhirnya memesan menu nasi sayur daun pepaya dan pepes ikan nila. Penyajian menu nasi putih dan sayur daun pepaya digabung dalam satu piring. Porsi nasi putih bisa meminta ditambah atau dikurangi tergantung kemampuan masing-masing orang. Hal itu juga berlaku pada sayur daun pepaya yang saya pilih. Ketika menyantapnya, cita rasa sayur daun pepaya cukup menarik dengan bumbu yang cukup terasa dan pas di mulut. Masakannya tidak terkesan asal-asalan seperti ketika kita membeli di warung-warung makan biasa yang lebih banyak penggunaan penyedap rasa buatan atau monosodium glutamat (msg).

Penyajian menu pepes ikan nila di Warung Makan Lumayan menggunakan piring terpisah dari piring nasi. Daun pembungkus pepes yang berwarna kecoklatan gelap menandakan bahwa pepes telah dikukus dalam waktu yang cukup lama. Saat membuka bungkus pepes, terhidang pepes ikan nila yang ukurannya cukup besar dan sebenarnya bisa disantap hingga 2 (dua) orang. Daging ikannya terasa cukup lembut ketika dikunyah dan bumbu rempahnya cukup meresap hingga kedalam. Selain itu kesan sangit pada sajian pepes ikan ini agak terasa sehingga memberikan cita rasa yang unik. Bagi saya pribadi, kekecewaan tidak dapat menikmati sajian Sayur Becek terobati setelah menikmati pepes ikan nila ini.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Warung Makan Lumayan tergolong standar harga warung makan di sekitar kota Purwodadi. Pengunjung tidak akan kecewa dengan cita rasa masakan yang ditawarkan. Secara keseluruhan Warung Makan Lumayan Ibu Hj. Kadri dapat menjadi salah satu pilihan wisata kuliner di pusat kota Purwodadi. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Makan Lumayan Ibu Hj. Kadri
Jl. Ahmad Yani No. 37, Nglejok, desa Kuripan, kecamatan Purwodadi, kota Purwodadi, kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

Kirim pendapat