Warung Lesehan Bu Saring Lempuyangan Yogyakarta, Sambal Mentahnya Bikin Nambah

Warung Lesehan Bu Saring Lempuyangan Yogyakarta, Sambal Mentahnya Bikin Nambah
3.7 (73.33%) 3 votes

Warung Lesehan Bu Saring Lempuyangan merupakan salah satu warung lesehan yang memiliki daya tarik sambal mentah di sekitar kota Yogyakarta. Sajian sambal mentah yang disajikan warung ini cukup unik dan menarik dengan komposisi yang pas dilidah penikmatnya. Untuk cita rasa lauknya sendiri seperti daging ayam dan ikan air tawar hampir sama dengan warung lesehan atau warung pecel lele pada umumnya.

Warung Lesehan Bu Saring beralamat di halaman Pasar Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk, kecamatan Danurejan, kota Yogyakarta.

Pilihan Lauk Di Warung Lesehan Bu Saring Lempuyangan Yogyakarta

Lokasi Warung Lesehan Bu Saring berada di halaman parkir Pasar Lempuyangan Yogyakarta. Rute termudah menuju ke warung ini dari pertigaan barat Stasiun Lempuyangan ke arah selatan sejauh 100-200 meter. Perhatikan sebelah kanan jalan akan menemukan letak Pasar Lempuyangan dan warung tersebut menempati area halaman depan pasar. Kendaraan roda dua dapat diparkir di halaman Pasar Lempuyangan sedangkan kendaraan beroda empat hanya dapat parkir di tepi Jalan Hayam Wuruk.

Warung Lesehan Bu Saring memiliki kemiripan dengan warung pecel lele pada umumnya. Sebut saja menu makanan yang tersedia seperti potongan daging ayam, ati ampela ayam, daging bebek, daging puyuh, paru sapi, ikan nila, ikan bawal, ikan lele, tahu, tempe, hingga sambal terong. Ada dua pilihan dalam penyajian lauk yaitu digoreng dan dibakar. Setelah memesan menu yang tersedia, pengunjung dipersilakan duduk di atas tikar yang diletakkan di emperan kios Pasar Lempuyangan Yogyakarta. Suasana terlihat remang-remang akibat minimnya lampu penerangan namun tidak mengurangi kenyamanan dalam menikmati sajian makanan dari warung ini.

Sajian Lele Goreng Dan Sambal Mentah Warung Lesehan Bu Saring Lempuyangan Yogyakarta

Hal yang menjadi daya tarik utama Warung Lesehan Bu Saring justru pada sajian sambal mentah bukan dari lauk atau menu makanannya. Sambal mentah yang dibuat warung ini menggunakan cabe mentah yang diberi tambahan irisan tomat dan perasan jeruk purut. Rasa pedas yang ditawarkan cukup pas dan tidak berlebih ditambah dengan rasa sambal yang sedikit masam dan tidak manis. Beberapa pengunjung cukup ketagihan dengan sambal ini dan menambah sambal mentah lagi karena berasa kurang. Selain itu warung ini juga menyediakan jenis sambal lain seperti sambal terasi dan sambal matang.

Daya tarik menu makanan hampir sama dengan rasa yang ditawarkan warung lesehan atau warung pecel lele yang banyak ditemukan di tepi jalan. Ukuran daging ayam dan ikan air tawar terbilang kecil namun pengunjung dapat memilih sendiri di gerobak warung sebelum digoreng atau dibakar. Tanpa daya tarik sambal mentah yang unik dan khas, Warung Lesehan Bu Saring tidak akan seramai dan terkenal seperti sekarang ini. Harga yang ditawarkan standar dan hampir sama dengan warung lesehan dan pecel lele kakilima di sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Lesehan Bu Saring Lempuyangan Yogyakarta
Halaman Pasar Lempuyangan, Jl. Hayam Wuruk Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d 22.00 (habis)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. hendi:

    wah..aku paling suka masakan tradisional begini, apalagi sambel-sambelan,,,tapi aku ga suka ikan-ikanan, klau ayam bolehlah

    • admin:

      Hi Hendi,
      Ada menu ayam goreng, ayam bakar, dan bebek goreng disini kok. SIlakan dicicipi ya :-)

  2. arif:

    kapan2 klo jalan2 ke jogja, layak dicoba nih blusukan ke lempuyangan ^^

Kirim pendapat