Warung Jawi Sopingen, Kuliner Dengan Suasana Rumah Khas Kotagede

Warung Jawi Sopingen merupakan salah satu daya tarik kuliner di kawasan Kotagede Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal bagi pecinta kuliner blusukan dan kuliner dengan suasana tempo dulu. Menu utama yang ditawarkan oleh warung ini adalah wedang uwuh, nasi sayur brongkos, dan nasi rawon khas Kotagede.

Warung Jawi Sopingen terletak di Dalem Sopingen Jalan Trunojayan No. 858A, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta.

Bangunan Warung Jawi Sopingen Kotagede Yogyakarta

Lokasi Warung Jawi Sopingen berada di tengah-tengah pemukiman penduduk di sebelah barat Pasar Legi Kotagede. Rute dari Pasar Legi Kotagede ke arah barat melewati Jalan Mondorakan sejauh 20 meter kemudian pada sisi kanan jalan ada gang masuk seukuran satu mobil. Masuk kedalam gang tersebut sekitar 50 meter dan warung terletak di pendopo sisi kiri jalan. Area parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan beroda empat dan belasan kendaraan beroda dua.

Suasana Warung Jawi Sopingen Kotagede Yogyakarta

Warung Jawi Sopingen menempati bagian pendopo Dalem Sopingen yang menjadi salah satu warisan budaya di Kotagede dan memiliki rangkaian sejarah yang cukup panjang. Menu minuman yang disediakan wedang uwuh, cangrehe, jahe, susu jahe, dan sebagainya. Sedangkan menu makanan yang disajikan antara lain nasi brongkos, nasi rawon, nasi goreng, bakmi goreng, pisang rebus, kacang rebus, aneka gorengan, dan sebagainya.

Menu Wedang Uwuh dan Kacang Godhog Warung Jawi Sopingen Kotagede Yogyakarta

Wedang Uwuh yang disajikan oleh Warung Jawi Sopingen merupakan salah satu minuman khas Yogyakarta tepatnya dari sebelah selatan Yogyakarta yang bernama daerah Imogiri. Wedang uwuh ini menggunakan bahan dari dedaunan kering da rempah sehingga terlihat seperti “Sampah”. Seduhan Wedang Uwuh ini berwarna kemerahan yang ditimbulkan dari kayu secang. Tidak heran bila minuman ini memiliki kemiripan dengan wedang atau minuman tradisional secang. Minuman ini disajikan dengan gula batu secara terpisah dan ukuran rasa manis disesuaikan dengan masing-masing penikmatnya. Minuman ini cocok dinikmati menjelang malam hari hingga tengah malam di warung ini.

Baca Juga  Bukit Mangunan, Pesona Sunrise Dan Negeri Diatas Awannya Jogja

Menu Nasi Brongkos Warung Jawi Sopingen Kotagede Yogyakarta

Menu Sayur Brongkos di Warung Jawi Sopingen ini merupakan sayur brongkos “ndeso” yang tidak menggunakan daging sapi seperti warung-warung brongkos lain di sekitar Yogyakarta seperti Brongkos di Warung Handayani dan Warung Ijo Tempel Sleman. Penyajian antara nasi putih dan sayur brongkos dipisah dalam piring dan mangkok. Sajian sayur brongkos pada mangkok terdiri dari telur ayam utuh, beberapa potong tahu, melinjo, cabe, dan kacang polong. Sajian makanan ini cukup nikmat bila menyantapnya dengan kerupuk udang.

Secara keseluruhan Warung Jawi Sopingen menarik digunakan sebagai tempat nongkrong, kumpul, berdiskusi sambil menghabiskan malam di kawasan Kotagede Yogyakarta. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan cukup terjangkau dan tidak mengecewakan. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Warung Jawi Sopingen
Overall
7.3/10
7.3/10
  • Nasi Sayur Brongkos - 7/10
    7/10
  • Wedang Uwuh - 7.5/10
    7.5/10

Kirim pendapat