Warung Iwak Kali Pak Suko, Hidangan Wader Goreng Khas Pedesaan Di Bantul

Warung Iwak Kali Pak Suko merupakan daya tarik kuliner ikan air tawar yang berada di dekat jalan Wonosari Yogyakarta. Keberadaan warung cukup dikenal meskipun letak warung ini berada di tengah-tengah pemukiman dan sedikit jauh dari jalan raya. Menu utama yang disajikan warung ini adalah ikan wader goreng dan sambal belut. Menurut informasi yang kami da[at warung ini berdiri sejak tahun 2006.

Warung Iwak Kali Pak Suko terletak di dusun Sampangan, desa Mantub, kecamatan Baturetno, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Buka mulai pukul 10.00 hingga habis (sekitar jam 2 siang).

Warung Iwak Kali Pak Suko Bantul Dari Depan

Lokasi Warung Makan Pak Suko ini cukup tersembunyi dan jauh dari jalan raya. Tidak ada papan petunjuk arah menuju lokasi bisa membuat orang tersesat dan kebingungan ketika pertama kali berkunjung ke warung ini. Jalan di depan warung ini merupakan jalan tanah dan kita harus melewati jalan sempit yang membelah perkampungan sebelum memasuki warung ini. Karena salah satu dari kami sudah pernah datang kemari, tanpa kebingungan kami langsung tiba di lokasi.

Suasana Warung Makan Pak Suko cukup ramai ketika kami datang saat waktu jam makan siang. Sepertinya sudah banyak orang yang mengenal warung ini meskipun lokasinya sulit ditemui. Tingkat kesulitan menemukan Warung Makan Pak Suko ini mirip ketika kami menyusuri kuliner Mangut Lele Mbah Marto yang berada di tengah-tengah perkampungan. Langsung saja kami memesan menu utama yang ada dan memilih tempat duduk yang kosong untuk menikmati makanan.

Baca Juga  Monumen Ngejaman Pakubuwono X Di Kotagede Yogyakarta

Suasana Warung Iwak Kali Pak Suko Bantul

Pesanan cukup lama datang karena harus mengantri pesanan dengan pengunjung lain. Pesanan kami akhirnya tiba dan semuanya tersaji di meja tempat kami duduk menunggu. Iwak Wader atau ikan air tawar kecil-kecil yang digoreng renyah berbalut tepung tipis disajikan diatas piring lengkap dengan lalapan yang terdiri dari daun kemangi dan potongan ketimun. Sambal welut disajikan diatas cobek kayu dan seporsi nasi putih tersaji piring berukuran sedang.

Saat kami mencoba mencicipi Iwak Wader, rasanya cukup enak dan standar rasa iwak wader yang dijual di tempat-tempat lain. Bumbu Iwak Wader cukup pas dan tidak terlalu asin, hal ini menjadi nilai tambah bagi orang yang ingin menikmati Iwak Wader sebagai camilan atau tanpa menggunakan nasi. Untuk ukuran satu porsi, jumlah Iwak Wader dalam piring cukup pas dinikmati oleh satu orang. Untuk masalah porsi Iwak Wader, isinya kalah banyak dengan warung Legokan Ngancar di tepi Sungai Progo.

Sajian Sambel Belut Dan Wader Warung Iwak Kali Pak Suko Bantul

Sambal Welut (belut) pun tidak kalah menggoda untuk segera disantap. Rasanya cukup lezat dan sedikit pedas, menurut kami tingkat rasa pedas pada sambal welut Warung Makan Pak Suko ini lebih rendah daripada warung sambal welut yang lain. Sepertinya ini membuat sedikit kecewa penyuka rasa pedas karena selera makanannya tidak terpuaskan. Belut goreng dalam sambal belut tidak dilumat halus namun hanya dicampurkan dan diaduk dengan bumbu sambal. Selain itu, ukuran belut kecil-kecil dan tidak sebesar belut dalam sambal belut Pak Sabar yang kami pernah mencobanya beberapa waktu yang lalu. Untuk ukuran satu porsi sepertinya hanya cukup untuk satu orang.

Baca Juga  Bakmi Jawa Pak Agus, Pilihan Kuliner Bakmi Jawa Di Jalan Imogiri Barat Bantul

Secara keseluruhan Warung Makan Pak Suko memang layak untuk disambangi untuk bersantap pagi atau siang. Warung ini dapat menjadi salah satu alternatif ataupun pilihan utama wisata kuliner di pinggiran kota Yogyakarta khususnya kuliner iwak kali. Rasanya cukup enak, harganya lebih murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Meskipun bila dibandingkan dengan Sambal Belut Pak Sabar, rasanya sedikit berada dibawahnya. Selain itu, lokasinya berada ditengah-tengah sawah memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung yang datang. (text/foto: annosmile)

HARGA

Nasi = Rp 2.000,-

Iwak Wader = Rp 4.000,-

Sambal Welut = Rp 5.000,-

INFORMASI
Warung Makan Pak Suko Spesial Iwak Kali
Jl. Wonosari KM 7.5, Dusun Sampangan, Desa Mantub, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 14.00 (habis)

Kirim pendapat