Icip-Icip Brongkos Koyor Di Warung Legendaris Handayani Alkid

Icip-Icip Brongkos Koyor Di Warung Legendaris Handayani Alkid
4 (80%) 1 vote

Warung Handayani merupakan warung makan yang cukup legendaris di seputaran Plengkung Gading Kraton Yogyakarta. Warung makan ini dirintis oleh pasangan Adiyo Utomo dan Sardiyem pada kisaran tahun 1960-an. Pada mulanya, Adiyo memulai usahanya dengan berdagang makanan gorengan dan es keliling daerah Prawirotaman kemudian pindah ke daerah Ngadisuryan. Baru sekitar 1969, Adiyo membuka warung dan menetap di lokasi sekarang dengan Warung “Handayani” dimana nama tersebut diambil dari nama belakang anak kelimanya yaitu Respati handayani.

Warung Handayani terletak di Jalan Gading No. 2, kelurahan Patehan, kecamatan Kraton, kota Yoagyakarta.

Lokasi Warung Handayani berada di tepi jalan yang menghubungkan antara Alun-Alun Kidul dengan Plengkung Gading Kraton Yogyakarta. Posisinya berada di samping gapura masuk kawasan Alun-Alun Kidul dari arah selatan. Cukup mudah menemukan warung ini karena terlihat mencolok dan ramai dari kejauhan. Area parkir yang disediakan warung ini hanya untuk kendaraan roda dua saja dan itupun menggunakan area badan jalan. Pengunjung yang membawa kendaraan roda empat parkir agak jauh dan berlokasi di sekitar kawasan Alun-Alun Kidul atau Alun-Alun Selatan.

Warung Handayani dikenal juga sebagai Brongkos Alkid atau Brongkos Gading. Warung ini menempati bangunan yang cukup sederhana dimana sebagian masih berdinding kayu. Tempat duduk yang disediakan cukup terbatas dan hanya dapat menampung sekitar 20 hingga 30 orang saja. Menu utama yang ditawarkan Warung Handayani adalah nasi brongkos koyor. Selain menu tersebut ada juga menu nasi brongkos telur, nasi rames telur, nasi pecel tempe, nasi soto ayam, dan es campur.

Penyajian Nasi Brongkos Koyor di Warung Handayani menggunakan piring terpisah dimana nasi putih disajikan sendiri atau tidak dicampur dengan sajian brongkos koyornya. Porsinya terbilang cukup untuk ukuran satu orang dan cukup mengenyangkan. Brongkos sendiri merupakan makanan khas pedsaan di sekitar Yogyakarta yang intinya terdapat kacang tolo, melinjo, dan kluwak. Kemasannya mirip seperti hidangan rawon yang berasal dari Malang atau Jawa Timur. Saat mencicipi potongan koyor atau daging campuran lemak pada hidangan brongkos terasa empuk dan tidak terkesan alot. Cita rasa yang ditawarkan sajian brongkos koyor cenderung gurih, manis, dan sedikit asin. hanya saja bagi saya sendiri santannya terlalu kental dan kurang terasa kluwak yang digunakan. Namun kembali keselera masing-masing penikmat hidangan brongkos khas Jogja.

Harga yang ditawarkan tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang dtawarkan. Alternatif menikmati hidangan brongkos di Yogyakarta selain warung ini adalah Warung Sopingen di Kotagede dan Warung Ijo Bu Padmo yang berada di daerah Tempel Sleman. Secara keseluruhan Warung Handayani dapat menjadi salah satu pilihan wisata kuliner di sekitar Kraton Yogyakarta dan pusat kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Brongkos Koyor : Rp 25.000,-

Brongkos Telur :

*update harga 26 Februari 2018*

INFORMASI
Warung Handayani
Jl. Gading No. 2, kelurahan Patehan, kecamatan Kraton, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 07.00 s/d 19.00 WIB

Kirim pendapat