Warung Gunung Sigandul, Sajian Khas Kopi Luwak Lereng Gunung Sindoro

Warung Gunung Sigandul merupakan daya tarik kuliner kopi luwak yang berada di lereng Gunung Sindoro kabupaten Temanggung. Keberadaannya cukup dikenal bagi pengguna jalan yang melewati jalur penghubung Temanggung dengan Wonosobo melewati Kledung. Hanya saja warung ini terlihat sepi karena sajian kopi luwak terkesan sebagai minuman yang mewah berharga mahal.

Warung Gunung Sigandul Waroeng Goenoeng Sigandul) beralamat di Jalan Raya Parakan – Wonosobo Km. 9, Tlahap, Kledung, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Area Parkir Warung Gunung Sigandul Temanggung

Lokasi Warung Gunung Sigandul berada di tepi jalan raya penghubung antara Parakan (Temanggung) dengan Wonosobo. Rute dari kota Temanggung menuju ke arah kota kecamatan Parakan. Selanjutnya dari Parakan pilihlah jalan menuju kota Wonosobo yang melewati tengah-tengah antara Gunung Sindoro dengan Gunung Sumbing. Posisinya berada sebelum kawasan Kledung Pass dan pintu masuk menuju Wisata Alam Lembah Posong. Bangunan warung atau restoran ini cukup mencolok dari tepi jalan dengan banyak spanduk disekitarnya.

Bangunan Warung Gunung Sigandul Temanggung

Area parkir Warung Gunung Sigandul cukup luas dan mampu menampung lebih dari 10 (sepuluh) kendaraan beroda empat. Kompleks bangunannya cukup luas dengan beraneka macam fasilitas mulai dari restoran, coffe shop, aula pertemuan dan sebagainya. Pengunjung yang datang langsung dipersilakan memilih tempat duduk yang masih kosong. Ada beberapa pilihan tempat duduk diantaranya duduk di dalam bangunan bergaya joglo, lesehan, dan duduk di gasebo di area taman. Pilihan menarik adalah duduk di gasebo yang berada di area taman sambil menikmati suasana yang ada disekitarnya.

Baca Juga  Soto Khas Kemasan Ringroad Selatan Yogyakarta Dan Cirikhas Daun Kemangi

Peliharaan Luwak Di Warung Gunung Sigandul Temanggung

Menu utama yang ditawarkan Warung Gunung Sigandul adalah sajian kopi luwak khas Sigandul dan sop buntut sapi. Kopi luwak yang disajikan merupakan hasil produksi sendiri oleh warung ini. Luwak-luwak tersebut dipelihara dan diberi makan buah kopi kemudian diambil bijinya yang keluar bersama kotoran. Beberapa luwak dipajang di samping warung untuk lebih meyakinkan konsumen. Pemilik warung tersebut menamai sajina kopi luwak dengan nama Kopi Luwak Sigandul. Selain menu utama ada menu makanan lain seperti kopi biasa (kopi Temanggung/kopi Posong), aneka jus, nasi goreng, ayam goreng, bebek goreng, dan sebagainya.

Kemasan Warung Gunung Sigandung ini yang terlalu mewah membuat banyak orang mengira harga yang ditawarkan cukup mahal. Padahal bila melihat daftar menu yang ada, tarif makanan dan minuman yang ada tidak jauh berbeda dengan harga makanan di rumah makan yang ada di sekitar Temanggung. Tidak heran bila warung ini terlihat masih sepi dan hanya terlihat satu dua kendaraan pengunjung yang berhenti di tempat ini. Sepertinya cara promosi yang dilakukan oleh pemilik warung harus dirubah agar lebih menarik minat pengunjung untuk mampir di tempat ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Gunung Sigandul (Kopi Luwak)
Jl. Raya Parakan – Wonosobo Km. 9, Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Telp: 081392791944

Kirim pendapat