Warung Budhe Pah Dan Sajian Mie Ayam Hotplate

Warung Budhe Pah merupakan warung atau rumah makan yang menjual hidangan mie ayam di sekitar Ringroad Selatan Yogyakarta. Keberadaannya mulai dikenal ketika banyak penggemar mie ayam yang memposting hidangan warung ini di sosial media. Menu andalan yang ditawarkan warung ini adalah steak mie ayam dan seluruh hidangannya tanpa menggunakan MSG atau monosodium glutamat.

Warung Budhe Pah terletak di Jalan Ringroad Selatan, desa Tirtonirmolo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Warung Budhe Pah berada di tepi Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta. Rute menuju warung mie ayam ini hampir sama dengan rute menuju Warung Sate Petir Pak Nano yang ada di sebelah baratnya. Pertama-tama dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Pojok Beteng Kulon dan Jalan Bantul. Sesampai di perempatan Dongkelan-Ringroad Selatan ambil jalan ke kanan atau ke arah barat. Ambil jalur lambat Jalan Ringroad Selatan yang terdapat pembatas jalannya. Posisi warung mie ayam ini berada di sebelah barat atau setelah melewati jembatan Sungai Winongo. Area parkir yang disediakan cukup terbatas namun 1-2 kendaraan roda empat bisa parkir di warung ini.

Penyajian menu steak mie ayam di Warung Budhe Pah sebenarnya menggunakan plate steak seperti yang dipakai pada resto-resto steak. Namun karena saya mencicipinya pada acara Kopdar Info Mie Ayam Jogja (IMAJ), penyajian steak mie ayam menggunakan piring tanggung berwarna putih. Dalam satu porsi mie ayam bakso terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, 1 (satuu) potong pangsit goreng, dan taburan bawang goreng. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi piring, topping potongan daging ayam dan pangsit goreng diletakkan pada bagian atas mie. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran kecil dan bentuk sedikit bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong kecil-kecil, berukuran tipis, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau rebus jumlahnya standar namun tidak terkesan pelit. Kuahnya kental kecoklatan karena toppong ayam yang digunakan menggunakan bumbu seperti kuah steak.

Baca Juga  Diorama Miniatur Tugu Golong Gilig Yogyakarta

Cita rasa yang ditawarkan sajian steak mie ayam di Warung Budhe Pah cenderung gurih dengan kombinasi rasa manis dan asin yang berimbang. Bumbu rempahnya sedikit terasa khas kuah steak lokal yang biasa kita cicipi di kedai-kedai steak. Penggunaan bumbu rempah menggantikan monosodium glutamat (MSG) sepertinya sukses memberikan rasa ang unik sehingga sajian mie ayam masih nyaman untuk dinikmati. Harga yang ditawarkan Warung Budhe Pah tergolong standar untuk harga mie ayam di sekitar kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Warung Budhe Pah
Overall
6.9/10
6.9/10
  • Steak Mie Ayam - 6.9/10
    6.9/10
INFORMASI
Warung Budhe Pah
Jl. Ringroad Selatan, desa Tirtonirmolo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 19.00 WIB

Kirim pendapat