Wanawisata Jumprit, Bersantai Di Hutan Pinus Sambil Menikmati Kopi

Wanawisata Jumprit, Bersantai Di Hutan Pinus Sambil Menikmati Kopi
Rate this post

Wanawisata Jumprit atau disingkat Wamprit merupakan daya tarik wisata berupa hutan pinus di lereng Gunung Sindoro sebelah timur. Pada awalnya hutan pinus ini dikenal sebagai lokasi berkemah anak-anak pramuka kemudian dikembangkan menjadi hutan wisata dan lokasi outbound. Keberadaannya melengkapi potensi wisata di daerah Ngadirejo seperti Umbul Jumprit, Candi Pringapus, dan Situs Liyangan

Wanawisata Jumprit terletak di desa Jumprit, kecamatan Ngadirejo, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Lokasi Wanawisata Jumprit berada di lereng Gunung Sindoro tepatnya diatas Umbul Jumprit. Rute dari kota Temanggung ke arah utara melewati Parakan dan Ngadirejo. Selanjutnya ambil jalan naik ke arah Gunung Sindoro menuju ke Situs Umbul Jumprit. Dari Umbul Jumprit masih naik kira-kira 500 meter dan terlihat gerbang masuk menuju kawasan hutan wisata ini. Perjalanan dari gerbang masuk menuju ke area hutan pinus sejauh 300 meter dan kendaraan pengunjung dipersilakan parkir di tempat yang telah disediakan. Area parkir yang disediakan sebenarnya cukup luas namun belum tertata dengan baik. Akses menuju ke tempat ini hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi saja dan tidak ada transportasi umum menuju tempat ini.

Wanawisata Jumprit sebagian besar berupa kawasan hutan pinus yang berada dalam wilayah pengelolaan hutan milik Perhutani. Area hutan pinus yang ada sudah tidak digunakan untuk produksi getah lagi karena jumlahnya tidak memenuhi standar. Selain itu, saat ini kondisi sebagian pohon pinus terserang penyakit. Hal tersebut tampak pada batang pohon pinus yang berwarna kemerah-merahan. Pengelola beralasan daripada hutan pinus tidak terawat dan rusak lebih baik dikembangkan menjadi wisata berbasis alam.

Sementara ini pengelola Wanawisata Jumprit baru menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti lokasi berkemah, lokasi outbound, kamar mandi umum, tempat selfie, mainan enggrang, dan tempat duduk kayu. Wahana outbound yang ada baru sebatas flying fox, panjat tali, dan olahraga memanah. Kedepannya pengelola akan menambahkan atraksi outbound, akses jalan baru yang menembus ke arah Situs Liyangan, dan puncak bukit yang menarik digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbit atau sunrise.

Kedai Kopi merupakan daya tarik utama di dalam kawasan Wanawisata Jumprit selain daya tarik hutan pinus dan lokasi outboundnya. Menu utama yang ditawarkan adalah Kopi khas Jumprit atau Kopi Sindoro dengan  jenis kopi Arabica dan Robusta. Kopi tersebut ditanam di sekitar daerah Jumprit dan menjadi salah satu daya tarik kuliner lokal yang menarik dicicipi. Untuk teknik penyeduhan kopi lokal disediakan beberapa macam mulai dari metode tubruk atau kopi tubruk, v60, siphon, dan french press. Selain itu kedai kopi ini juga menyediakan olahan kopi modern seperti Espresso, Cappucino, Latte, Machiato, Vietnam Drip, dan sebagainya. Hidang pendamping yang disediakan cukup terbatas seperti gorengan dan mie instant saja. Pengunjung yang membutuhkan makanan berat harus membawa dari luar kawasan ini.

Penyajian minuman kopi di kedai kopi ini menggunakan cangkir keramik seperti pada kedai kopi di daerah perkotaan. Padahal saya berharap kopi yang disajikan dikemas dengan bentuk yang berbeda untuk menunjang daya tarik wisata hutan ini. Cita rasa Kopi Sindoro jenis Arabica cukup menarik dengan karakteristik rasa sedikit asam, ringan, sedikit pahit dan memiliki kemiripan rasa dengan Kopi Posong karena ditanam di lereng gunung yang sama yaitu Gunung Sindoro. Tidak ada aroma unik seperti cita rasa buah atau cita rasa tembakau pada kopi ini meskipun ditanam di dekat perkebunan tembakau. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan lebih murah dibandingkan dengan harga sajian kopi did aerah perkotaan. Secara keseluruhan Wanawisata Jumprit dalam menjadi alternatif wisata alam yang murah serta alami di lereng Gunung Sindoro sebelah timur atau di sisi utara wilayah kabupaten Temanggung. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Wanawisata Jumprit
Desa Jumprit, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 5.000,-/orang
Parkir Motor : Rp 2.000,-
Parkir Mobil : Rp 5.000,-

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. deddyhuang.com:

    wisata hutan gini emang asik sama keluarga, kayaknya instagramable juga mas anom :D

  2. eko wahyu utomo:

    wah belum pernah kesini tapi sering lewat sih kebetulan deket sama rumah temen

  3. putri:

    tempat liburan yang kece enak tu ngajakin keluarga kesana, pemandangan begitu indah, waw sekali….. wajib di coba juga kopinya Cita rasa Kopi Sindoro.

  4. alfian:

    waah bagus banget pemandangannya kaya di luar negeri. jadi pengen kesitu.

  5. Rudy Kurniawan:

    Tempat yang sangat rekomended..indonesia ternyata banyak menyimpan lokasi terbaik utk berlibur dengan keluarga.

Kirim pendapat