Umbul Cokro Klaten, Aliran Sungai Yang Disulap Menjadi Kolam Pemandian

Umbul Cokro Klaten, Aliran Sungai Yang Disulap Menjadi Kolam Pemandian
3 (60%) 2 votes

Umbul Cokro merupakan salah satu wisata pemandian yang berasal dari sumber mata air alami di kabupaten Klaten. Pemandian ini sebenarnya lebih terkenal dahulu dibandingkan pemandian Umbul Ponggok. Namun seiring berkembangnya waktu, nama umbul ini kalah bersaing karena obyek wisata Umbul Ponggok lebih menarik. Saat ini Umbul Cokro mulai ramai dikunjungi wisatawan kembali setelah dilakukan pembenahan kawasan wisata.

Umbul Cokro yang terletak di desa Cokro, kecamatan Tulung, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Lokasi Umbul Cokro Klaten tidak jauh dari wisata pemandian Umbul Ponggok yang terkenal sebagai lokasi foto underwater atau bawah air. Rute termudah menuju pemandian ini dari kota Klaten ke arah timur laut menuju ke Karang Anom. Selanjutnya arahkan kendaraan menuju ke arah kecamatan Tulung. Memasuki kawasan kota kecamatan Tulung ikuti petunjuk arah menuju pemandian Umbul Cokro. Area parkir yang disediakan cukup luas namun kurang terkelola dengan baik.

Kawasan Umbul Cokro terbagi menjadi dua kawasan yaitu kolam waterboom dan kolam renang alami. Kolam renang alami dibuat dengan membendung aliran sungai yang bersumber dari mata air. Letak mata air masih berada di dalam kawasan wisata tersebut. Kondisi mata air cukup alami, jernih, dan belum terkontaminasi. Pengunjung yang belum terbiasa mandi atau berenang dengan air langsung dari sumber mata air akan merasakan sensasi rasa dingin dan menyegarkan.

Fasilitas pendukung pemandian Umbul Cokro kurang terawat dengan baik dan terkesan belum layak. Kamar mandi yang terdiri dari wc umum, kamar bilas, dan kamar ganti jumlahnya sangat terbatas sehingga membuat pengunjung pemandian harus antri lama untuk menggunakan fasilitas ini. Fasilitas vital seperti kotak penyimpanan barang juga belum tersedia di obyek wisata ini sehingga pengunjung harus menjaga barangnya sendiri sambil berenang di dalam kolam pemandian. Ketiadaan fasilitas pendukung wisata yang layak ini membuat tiket masuk terkesan mahal. Diharapkan pengelola segera membangun dan memperbaiki fasilitas pendukung yang layak agak pengunjung nyaman berkunjung ke obyek wisata ini. Secara keseluruhan Umbul Cokro dapat menjadi alternatif pilihan pemandian atau kolam renang selain Umbul Ponggok. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat