Umbul Buto Klaten Dan Misteri Patung Kepala Buto

Umbul Buto merupakan salah satu sumber mata air yang ditemukan di daerah Pedan Klaten. Keberadaannya sempat menjadi terkenal dan menjadi perbincangan di pertengahan bulan September 2017 karena patung yang ditemukan di dasar umbul yang mengering. Bentuk patung yang menyerupai buto atau raksasa membuat masyarakat setempat menamai patung itu dengan nama patung buto.

Umbul Buto terletak di dusun Jalinan, desa Kedungan, kecamatan Pedan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57468.

Lokasi Umbul Buto berada di pinggir jalan yang membelah area persawahan dan dekat dengan wisata baru Kedungan Waterpark. Umbul atau sumber mata air ini dikelilingi oleh beberapa pohon beringin yang cukup tua usianya. Umbul Buto saat kami datangi pada akhir bulan Agustus 2018 kondisinya telah mengering tanpa tersisa satu tetes air pun. Dasar umbul yang mengering dipenuhi oleh sampah dedaunan dan sampah plastik sisa-sisa rumah tangga. Bila diperhatikan lebih teliti terlihat sisa-sisa hasil pembakaran sampah. Pemandangan semacam ini cukup menggenaskan karena rencana pemugaran yang telah diutarakan tahun lalu hanya omong kosong belaka.

Bangunan kolam yang mengelilingi Umbul Buto memiliki luas 6 x 6 meter dengan kedalaman 4 meter. Patung atau arca yang berada di sudut dasar kolam Umbul Buto berjumlah 4 (empat) buah. Arca tersebut antara lain arca Ganesha, Garuda Wisnu Kencana, Kurmavatara, dan Kala. Patung yang menggemparkan adalah arca kala dimana masyarakat setempat menyebutnya sebagai patung buto atau raksasa. Sedangkan arca lain kondisinya setengah tertimbun tanah dan tidak terlihat sehingga kurang mendapat perhatian dibandingkan patung buto. Keberadaan arca atau patung dengan simbol agama Hindu ini menimbulkan tanda tanya apakah tempat ini merupakan situs purbakala atau hanya sekedar hiasan kolam. Bahan penyusun patung harus diteliti apakah terbuat dari batu putih seperti arca-arca purbakala atau hanya campuran dari semen dan batu bata seperti salah satu pendapat warga setempat. Belum ada informasi dan penelitian lebih lanjut mengenai Umbul Buto ini. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Sejenak di Umbul Ponggok
INFORMASI
Umbul Buto
Dusun Jalinan, desa Kedungan, kecamatan Pedan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57468.

Kirim pendapat