Umah Kopi Gayo, Menikmati Secangkir Kopi Sambil Menatap Tugu Jogja

Umah Kopi Gayo, Menikmati Secangkir Kopi Sambil Menatap Tugu Jogja
3.5 (70%) 2 votes

Umah Kopi Gayo merupakan kedai kopi yang khusus menyajikan minuman kopi khas Aceh di Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal bagi para penikmat kopi karena lokasinya cukup strategis di pusat kota Yogyakarta tepatnya di kawasan Tugu Jogja. Kopi khas Aceh yang disajikan cukup beragam dan paling lengkap diantara kedai kopi lain di Yogyakarta.

Umah Kopi Gayo beralamat di Jalan Margo Utomo, kelurahan Gowongan, kecamatan Jetis, kota Yogyakarta 55233.

Lokasi Umah Kopi Gayo berada di pinggir kawasan Tugu Yogyakarta. Letaknya berada di sebelah utara kantor cabang atau agen Bus Safari Dharma Raya di Jalan Margo Utomo. Kedai kopi ini tidak menyediakan area parkir kendaraan karena keterbatasan tempat. Pengunjung kedai kopi dapat memarkir kendaraan roda dua di area parkir motor dekat Diorama Miniatur Tugu Golong Gilig Yogyakarta dan kendaraan roda empat di jalur lambat Jalan Margo Utomo. Menu kopi khas Aceh atau Gayo yang ditawarkan antara lain Gayo Natural, Gayo Specialty, Gayo Pea Berry, Gayo Long Berry, Gayo Honey Process, dan Gayo Wine.

Penyajian menu Kopi Gayo Peaberry di Umah Kopi Gayo menggunakan gelas kaca bening berukuran 200ml. Kopi Gayo Peaberry merupakan jenis kopi berbiji tunggal seperti Kopi Lanang dari Banyuwangi Jawa Timur. Cita rasa Kopi Gayo Peaberry sedikit berbeda dengan kopi berbiji ganda pada umumnya dimana cita rasa asam lebih rendah, aroma lebih ringan, dan ada sedikit cita rasa buah namun kurang menonjol. Bagi saya pribadi lebih menyukai cita rasa kopi ini di warung kopi khas Aceh di asrama mahasiswa yaitu Gayo Ngopi Taman Siswa.

Umah Kopi Gayo selain menyajian minuman kopi juga menyediakan biji kopi khas Aceh untuk dibawa pulang. Pembeli dapat juga untuk meminta digilingkan bila tidak memiliki alat penggiling kopi sendiri. Harga yang ditawarkan Umah Kopi Gayo tergolong standar untuk ukuran minuman kopi di sekitar kota Yogyakarta dan lebih murah dibandingkan cafe kopi lain yang berada di seputaran Tugu Yogyakarta yaitu Tanamera Coffee. Secara keseluruhan Umah Kopi Gayo dapat menjadi salah satu pilihan menikmati sajian kopi khas Aceh (Gayo) di Yogyakarta mulai dari kualitas biasa hingga kualitas premium. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Umah Kopi Gayo
Jl. Margo Utomo, kelurahan Gowongan, kecamatan Jetis, kota Yogyakarta 55233

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 01.00 WIB

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Capungmerah:

    Kayaknya nikmat banget ni ngopi malam-malam di sini….

    • admin:

      Hi Capungmerah,
      Silakan coba ngopi2 di kedai kopi ini sambil liat Tugu Yogyakarta :-)

Kirim pendapat