Tung…Tak…Tung…Jazz Ngayogjazz 2014 Kembali Ke Brayut

Ngayogjazz 2014 yang sekiranya digelar di Padukuhan Malangrejo, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman dipindah ke Desa Wisata Brayut Sleman. Tidak banyak yang tahu mengenai alasan mengapa Ngayogjazz 2014 batal diselenggarakan di Malangrejo. Namun sepertinya tidak ada masalah mengenai pindahnya lokasi acara Ngayogjazz 2014 terbukti tetap diselenggarakan pada hari yang sama.

Ngayogjazz 2014 bertema “Tung..Tak..Tung..Jazz” kembali diselenggarakan di Desa Wisata Brayut, Dusun Brayut, Desa Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.

Bregada Prajurit Desa Wisat Brayut

Perpindahan penyelenggaraan Ngayogjazz 2014 di Desa Wisata Brayut memberikan banyak memori tersendiri karena dua tahun yang lalu juga menjadi tuan rumah acara yang sama (Ngayogjazz 2012). Brayut adalah sebuah kawasan pedesaan yang masih kental dengan budaya dan tradisinya, dengan daya tarik area persawahan, rumah-rumah Jawa tua, pepohonan rindang, dan kesenian tradisional.

Desa Wisata Brayut dipilih kembali menjadi lokasi penyelenggaraan Ngayogjazz karena desa wisata tersebut telah siap dengan berbagai penyelenggaraan event-event baik skala lokal maupun nasional. Hal ini terbukti dengan banyaknya agenda dan acara yang menggunakan lokasi Desa Wisata Brayut. Selain itu akses menuju Desa Wisata Brayut cukup mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi karena infrastruktur jalan yang cukup baik.

Miyosi Masato Duo DI Ngayogjazz 2014

Desa Wisata Brayut belajar dari pengalaman menyelenggaraan Ngayogjazz 2012 sehingga berharap penyelenggaraan Ngayogjazz 2014 bisa lebih baik. Hal ini terbukti ketika akses jalan menuju Desa Wisata Brayut cukup lancar dan tidak mengganggu pengguna jalan umum. Beberapa kantong parkir disiapkan untuk menampung ribuan pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga  Air Terjun Surupethek, Tersembunyi Di Daerah Pleret Bantul

Penataan acara Ngayogjazz 2014 tidak jauh berbeda dibandingkan Ngayogjazz 2012 dimana menggunakan tempat yang sama sebagai lokasi panggung dan stan-stan pedagang berikut sponsor. Hiasan yang ada disekitar Desa Wisata Brayut pun nyaris sama karena merupakan cirikhas desa wisata tersebut. Tidak heran bila memori pengunjung terasa kembali ke tahun 2012 ketika turut hadir dalam perhelatan Ngayogjazz 2012.

Jay & Gatra Wardaya with Gamin DI Ngayogjazz 2014

Pembukaan Ngayogjazz 2014 berlangsung di Panggung Bang Bung diawali dengan kirab Tedjo Badut diikuti sebaris pasukan prajurit desa. Setelah pembukaan semua panggung memulai pertunjukkan sesuai yang tercantum dalam jadwal. Beberapa kesenian khas Desa Wisata Brayut juga ditampilkan di panggung tradisional yang berada diantara pangung-panggung Ngayogjazz.

Selanjutnya kami memilih Panggung Ning Nong yang terletak paling ujung. panggung Ning Nong menggunakan bagian pendopo Rumah Jawa tua milik salah seorang warga Desa Wisata Brayut. Di kawasan ini terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan khas pedesaan sembari menikmati bunyi musik Jazz.

Keramaian Penonton Saat Melihat Penampilan Frau

Penampilan Miyoshi Masato yang menampilkan beberapa lagu dan musik jazz cukup memukau penonton yang hadir di Panggung Ning Nong. Semakin lama semakin banyak penonton yang hadir di panggung ini. Penampil selanjutnya yaitu Jay & Gatra Wardaya with Gamin tidak kalah menariknya dan cukup mendapat apreasiasi oleh para penonton.

Menjelang sore hari, Panggung Ning Nong semakin bertambah ramai karena ada penampil musik yang cukup terkenal bernama Frau. Beberapa fans Frau telah lama hadir sebelum Frau tampil di panggung ini. Sorakan penonton tampak begitu Frau berjalan ke atas panggung. Frau akhirnya memulai aksinya dengan piano yang telah dipersiapkan oleh panitia dan menampilkan beberapa lagu dari album pertama hingga terbarunya.

Baca Juga  Asal Usul Mie Ayam Sarirasa Jatiayu

Dewa Budjana di Ngayogjazz 2014

Artis dan musikus yang mengisi panggung yang lain juga tidak kalah menariknya. Sebut saja Shadu Band, GrooveNRoll, YK Samarinda, Jazz NgisorRingin, Duo Bajo, Haryono and Friends, dan masih banyak lagi. Beberapa artis tamu yang cukup dikenal seperti Balawan, Dewa Budjana, dan Syaharani menjadi data tarik tersendiri perhelatan Ngayogjazz 2014. Sebagian besar dari mereka baru pertama kali tampil di Ngayogjazz dengan formasi yang baru.

Penyelenggaraan Ngayogjazz 2014 ini sangat meriah dan mampu menarik ribuan penonton untuk hadir. beberapa artis pendukung dan tamu yang cukup terkenal menjadikan penonton rela jauh-jauh datang ke Desa Wisata Brayut. Disamping itu ritual hujan hanya sebentar dan hingga acara selesai tidak terjadi hujan seperti tahun-tahun sebelumnya. Insiden kecil yaitu mati listrik sempat membuat panik namun untuk saja tidak mengganggu jalannya acara. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. EventJogja.Com:

    iya, meskipun sempat mati listrik sebentar, tapi show must go on :D

Kirim pendapat