Tugu Udang Kaliurang, Spot Foto Pesepeda Yang Datang Ke Kaliurang

3/5 - (1 vote)

Tugu Udang merupakan salah satu patung atau monumen yang dibangun di kawasan wisata Kaliurang Yogyakarta. Bangunan tugu ini dibangun pada kisaran tahun 2007 dengan dana swadaya masyarakat dan bantuan pemerintah. Warga berharap keberadaannya dapat meningkatkan daya tarik wisata pengunjung ke Kaliurang.

Tugu Udang beralamat di Jalan Wara, desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55582.

Lokasi Tugu Udang berada di dalam kawasan Kaliurang tepat di tengah-tengah perempatan Pos SAR Kaliurang dan dekat dengan salah satu wisata kuliner khas Kaliurang yaitu Jadah Tempe Mbah Carik. Rute menuju tugu ini dari Pintu Retribusi Masuk Kawasan Wisata Kaliurang masih terus hingga menemui simpangan besar dan posisi Tugu berada di tengah-tengah simpangan jalan tersebut.

Bangunan Tugu Udang memiliki ketinggian sekitar 6 meter dengan 3 (tiga) patung udang yang menghadap ke beberapa sisi. Patung udang tersebut merupakan penggambaran udang jantan, udang betina, dan udang anakan dengan ukuran yang belainan. Tujuan pembangunan Tugu Udang adalah sebagai peringatan atau tanda bahwa dahulu di kawasan Kaliurang benar-benar terdapat udang di sungai (Jawa: kali). Sungai-sungai yang mengalir di kawasan Kaliurang saat itu cukup melimpah udang air tawarnya. Namun erupsi besar Gunung Merapi tahun 1994 menghancurkan semuanya dan tidak menyisakan keberadaan udang tersebut.

Saat ini kondisi Tugu Udang kurang terawat dan tidak menarik karena tidak ada anggaran perawatan. Tanaman yang ditanam mengelilingi tugu terlihat kurang terawat dan beberapa bagian mengering. Aktivitas yang saat ini sedang ramai di kawasan ini adalah sebagai salah satu lokasi foto para pesepeda yang mengambil rute ke kawasan Kaliurang. Bila sedang berwisata ke Kaliurang tidak ada salahnya mampir berfoto di Tugu Udang ini. (text/foto: annosmile).

Baca Juga  Embung Tegaltirto Sleman, Salah Satu Kawasan Konservasi Air
INFORMASI
Tugu Udang
Jl. Wara, desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55582

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Petrick:

    Kapan bisa kesana?

Kirim pendapat