Senja di Tugu Jogja

Senja di Tugu Jogja
Rate this post

Tinggal di Yogyakarta membuat saya selalu menikmati keindahan kota Yogyakarta setiap harinya. Walaupun demikian, sepertinya saya sama sekali belum pernah mendokumentasikan foto-foto mengenai Yogyakarta khususnya Tugu Jogja. Tugu Jogja yang menjadi simbol utama Kota Jogjakarta selain Kraton Yogyakarta menjadi tempat yang saya kunjungi untuk didokumentasikan.

Tugu Jogja merupakan Landmark kota Yogyakarta yang didirikan pada awal berdirinya Kraton Yogyakarta. Pada mulanya, tiangnya berbentuk gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk golong (bulat), sehingga disebut Tugu Golong-Gilig. Namun berganti bentuk menjadi persegi panjang yang terdapat prasasti akibat gempa yang melanda Yogyakarta pada tahun 1867 dan disebut Tugu Pal Putih yang hingga saat ini berada.

Sore hari ketika cuaca cerah saya berangkat ke Tugu Yogyakarta yang lokasinya tidak jauh dari rumah. Saya ingin mengabadikan Tugu Yogyakarta di waktu senja yang jarang didokumentasikan orang. Saya sudah sering melihat foto Tugu Yogyakarta di waktu siang hari maupun malam hari namun jarang melihat foto Tugu ketika fajar atau senja.

Sambil menunggu matahari terbenam, saya mengamati sekeliling kawasan Tugu Yogyakarta dan akhirnya menemukan lokasi yang menurut saya menarik. Beruntung Tugu Yogyakarta sedang sepi, tidak ada wisatawan yang berfoto ria di dinding tugu. Akhirnya saya bisa mengabadikan Tugu Yogyakarta yang dibaluk langit biru senja nan indah dan lampu kendaraan yang melewati kawasan ini. Foto diambil dengan menggunakan tripod dengan kecepatan kamera lambat dan filter.

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Estiko:

    Wah… belum pernah bisa menikmati suasana senja di tugu jogja. Kapan ya, bisa menikmati hal tersebut???

  2. airyz:

    fotone wuapik!

  3. Choiri Setyawan:

    Waah.. cool nich..senja yang luar biasa pastinya

  4. mawi wijna:

    hahaha, keren No seakan ada sesuatu yang terbakar lewat di situ

  5. kang Soleh:

    KENANGAN BERSAMA ANAK ISTRI…..:)

Kirim pendapat