Survei Jalur Tubing Selokan Mataram Yogyakarta

Survei Jalur Tubing Selokan Mataram Yogyakarta
3 (60%) 3 votes

Tubing Selokan Mataram Yogyakarta merupakan daya tarik jelajah sungai dengan menggunakan ban karet. Selokan Mataram ysendiri merupakan sungai kecil atau selokan yang mengubungkan antara Sungai Progo dengan Sungai Opak. Atraksi ini sedang direncanakan menjadi daya tarik wisata baru di daerah Sleman dengan memanfaatkan potensi alam yang ada.

persiapan-sebelum-tubbing-selokan-mataram-yogyakarta

Peserta Tubbing Selokan Mataram berkumpul di lokasi awal atau start yang berdekatan dengan Mata Air Tuk Sibedug Seyegan yang berada di dusun Mranggen, desa Margodadi, kecamatan Seyegan, kabupaten Sleman. Di sekitar tempat tersebut ada anak tangga turun menuju ke area tepi selokan. Peserta yang sudah mengenakan pelindung kaki, pelindung tangan, alas kaki, dan jaket pelmpung langsung berjalan turun sambil membawa ban karet. Sebelum dimulai, pemimpin rombongan mengajak seluruh peserta untuk berdoa agar diberi keselamatan ketika melaksanaan tubing sungai (river tubing/mini rafting).

jalur-arus-tenang-di-tubbing-selokan-mataram-yogyakarta

Jalur Selokan Mataram pertama yang dilewati memiliki arus sungai yang tenang karena lebarnya selokan. Peserta akan dihibur dengan suasana pedesaan yang berada di samping kanan dan kiri selokan.

saat-keluar-dari-jembatan-jalur-arus-tenang-di-tubbing-selokan-mataram-yogyakarta

Pada tengah-tengah perjalanan Tubing Selokan Mataram, peserta akan mendapat tantangan melewati lorong selokan sempit sepanjang 10-15 meter. Lorong selokan ini sebenarnya merupakan jembatan dimana dibagian bawah merupakan aliran sungai lain yang mengarah ke selatan sedangkan Selokan Mataram sendiri mengarah ke timur.

jeram-di-jalur-arus-tenang-di-tubbing-selokan-mataram-yogyakarta

Perjalanan Tubing Selokan Mataram berakhir atau finish di sekitar dusun Nambongan, desa Tlogoadi, kecamatan Mlati, kabupaten Sleman. Peserta dipersilakan naik ke atas selokan dari tepian selokan yang terdapat anak tangga naik. Acara dilanjutkan dengan membersihkan diri dan mandi di kolam pemandian atau Sendang Temanten Nambongan yang letaknya cukup dekat dengan lokasi finish. Acara survei Tubing Selokan Mataram berjalan sukses namun masih banyak evaluasi dan perencanaan agar acara tubing ini dapat menjadi daya tarik wisata baru seperti Tubing Sungai Oyo di kawasan Goa Pindul dan Karst Tubing Sedayu di kabupaten Bantul. (text/foto: annosmile)

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. D Sukmana Adi:

    wah ini kalau di lestarikan dan dikelola dengan baik, pasti bisa jadi wahana baru mas buat wisata di Jogja, pasti para mahasiswa tertarik, terutama mengenai kebersihan sungai dan akomodasi

    • admin:

      Hi mysukmana,
      Iya mas semoga harapannya segera terwujud :-)

  2. moment propolis:

    wow, keren ini kalau di releasisasikan untuk di buat wisata beneran…

    • admin:

      Hi moment propolis,
      iya semoga bisa direalisasikan :-)

  3. toyok:

    Mongo yg mau mencoba hub 08562564433

  4. hafidz:

    Emangnya airnya gak kotor itu ya? Soalnya sampe keruh gitu…

    • admin:

      Hi hafidz,
      Itu warna kecoklatan pada selokan membawa partikel tanah hehe..bukan pencemaran air. Jadi bagi sebagian peserta yg notabene orang desa ya tidak ada masalah :-)

Kirim pendapat