Tradisi Tahunan Klaten Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Kabupaten Klaten Jawa Tengah memiliki tradisi unik yang turun menurun diselenggarakan setiap tahunnya. Beberapa diantaranya sudah banyak diberitakan oleh media cetak maupun media elektronik. Berikut beberapa tradisi tahunan di kabupaten Klaten yang berhasil kami rangkum :

1. Tradisi Sebaran Apem Yaqowiyu

Menara Sebaran Apem Yaqowiyu Klaten

Tradisi Sebaran Apem Yaqowiyu merupakan agenda tahun yang diselenggarakan oleh masyarakat Jatinom Klaten pada bulan Sapar dalam penanggalan Islam. Tradisi ini diselenggarakan untuk menghormasi keberadaan Ki Ageng Gribig yang melakukan syiar agama Islam di sekitar wilayah Klaten. Makanan apem digunakan sebagai media penyebaran agama Islamn oleh Ki Ageng Gribig. Ribuan penonton memadati lokasi sebaran apem ketika berlangsung acara puncak Sebaran Apem Yaqowiyu.

Baca artikel selengkapnya di Perayaan Tradisional Sebaran Apem Yaqowiyu Klaten

2. Bersih Sendang Sinongko

Tenong-Tenong Berisi Tumpeng Lengkap Dengan Lauk Dalam Tradisi Bersih Sendang Sinongko Klaten

Tradisi Bersih Sendang Sinongko merupakan tradisi tahun yang diselenggarakan masyarakat Desa Pokak, Kecamatan Ceper, Kabupaten Sleman. Tradisi ini telah diselenggarakan secara turun temurun dan konon dimulai sejak zaman Mataram Islam. Tradisi ini diawali dengan memotong puluhan ekor kambing di tepi Sendang Sinongko dan diakhiri dengan doa dan makan bersama di sekitar area sendang.

Baca artikel selengkapnya di Bersih Desa Sendang Sinongko Klaten, Tradisi Unik Memotong Puluhan Ekor Kambing

Baca Juga  Carica Dieng, Buah Dari Negeri Diatas Awan

3. Syawalan Rowo Jombor

Syawalan Rawa Jombor diselenggarakan di sekitar kawasan Rawa Jombor beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    tiap2 daerah umumnya punya tradisi yang unik2 … banyak juga yang sudah hilang …
    seharusnya seperti klaten ini .. selalu di lestarikan

Kirim pendapat