12 Tradisi Tahunan Yang Berada Di Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul DI Yogyakarta memiliki tradisi unik yang turun menurun diselenggarakan setiap tahunnya. Beberapa diantaranya sudah banyak diberitakan oleh media cetak maupun media elektronik. Berikut beberapa tradisi tahunan di kabupaten Gunungkidul yang berhasil kami rangkum :

1. Upacara Adat Ngalangi Pantai Wediombo

Kirab Kesenian Lokal Dalam Upacara Adat Ngalangi Pantai Wediombo Gunungkidul

Upacara Adat Ngalangi Pantai Wediombo diselenggarakan di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul. Baca artikel selengkapnya di Upacara Adat Ngalangi Pantai Wediombo, Salah Satu Bukti Kerukunan Masyarakat Gunungkidul

2. Upacara Adat Ngalangi Pantai Nglambor

Doa Bersama Warga Dalam Tradisi Ngalangi Pantai Nglambor Gunungkidul

Upacara Adat Ngalangi Pantai Nglambor diselenggarakan di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Baca artikel selengkapnya di Upacara Adat Ngalangi Pantai Nglambor Gunungkidul

3. Sedekah Laut Pantai Sadeng

Sesaji Sedekah Laut Pantai Sadeng Diletakkan Di Atas Kapal

Sedekah Laut Pantai Sadeng diselenggarakan di kawasan Pantai Sadeng, desa Songbanyu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul. Tradisi ini diselenggarakan setiap hari Jumat Kliwon pada bulan Suro Penanggalan Jawa. Baca artikel selengkapnya di Sedekah Laut Pantai Sadeng, Ungkapan Rasa Syukur Nelayan Gunungkidul

3. Labuhan Pantai Baron

Labuhan Pantai Baron diselenggarakan di kawasan Pantai Baron, desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul. Tradisi ini rutin diselenggarakan setiap tanggal 1 (satu) pada bulan Suro Penanggalan Jawa.

4. Labuhan Pantai Drini

Labuhan Pantai Drini diselenggarakan di kawasan Pantai Drini, desa Banjarejo, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul. Tradisi ini rutin diselenggarakan setiap tanggal 1 (satu) pada bulan Suro Penanggalan Jawa.

5. Labuhan Pantai Kukup

Labuhan Pantai Kukup diselenggarakan di kawasan Pantai Kukup, desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul.  Tradisi ini rutin diselenggarakan setiap tanggal 1 (satu) pada bulan Suro Penanggalan Jawa.

Baca Juga  Daftar 10 Pantai Di Pangandaran

6. Labuhan Pantai Ngandong

Labuhan Pantai Ngandong diselenggarakan di kawasan Pantai Ngandong, desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Tradisi ini rutin diselenggarakan setiap tanggal 1 (satu) pada bulan Suro Penanggalan Jawa.

7. Labuhan Pantai Sadranan

Labuhan Pantai Sadranan diselenggarakan di kawasan Pantai Sadranan, dusun Pulegundes II, desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Tradisi ini rutin diselenggarakan setiap tanggal 1 (satu) pada bulan Suro Penanggalan Jawa.

8. Labuhan Pantai Ngrenehan

Sesaji Labuhan Pantai Ngrenehan DIbawah Ke Tengah Laut Selatan

Labuhan Pantai Ngrenehan diselenggarakan di kawasan Pantai Ngrenehan, desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul. Tradisi ini rutin diselenggarakan setiap tanggal 1 (satu) pada bulan Suro Penanggalan Jawa. Baca artikel selengkapnya di Labuhan Laut

9. Malam 1 Suro Petilasan Notokusumo

Malam 1 Suro Petilasan Notokusumo diselenggarakan oleh masyarakat desa setempat dalam menyambut Tahun Baru Suro. Waktu pelaksanaannya pada malam hari menjelang Tahun Baru Suro/Muharram. Tradisi ini diselenggarakan di area Petilasan Notokusumo, dusun Karangwetan, desa Gedangrejo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul. Acara utama tradisi ini adalah doa bersama dan keduri di area petilasan Notokusumo.

10. Tradisi Kuras Kong

Tradisi Kuras Kong diselenggarakan oleh masyarakat desa Pengkol dalam menyambut Tahun Baru Suro. Waktu pelaksanaannya pada siang hari tanggal satu Suro/Muharram. Tradisi ini diselenggarakan di dusun Pengkol, desa Pengkol, kecamatan Nglipar, kabupaten Gunungkidul.

11. Upacara Adat dan Tradisi Suran Gunung Panggung

Upacara Adat dan Tradisi Suran Gunung Panggung diselenggarakan oleh masyarakat desa Tambakromo dalam menyambut Tahun Baru Suro. Waktu pelaksanaannya pada siang hari tanggal satu Suro/Muharram. Tradisi ini diselenggarakan di dusu Klepu, desa Tambakromo, kecamatan Ponjong, kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga  Telaga Naberan, Telaga Kecil Di Tepi Jalan Raya Paliyan-Saptosari Gunungkidul

12. Pembukaan Cupu Kyai Panjolo

Pembukaan Cupu Kyai Panjolo merupakan tradisi turun temurun masyarakat desa Girisekar. Tradisi ini diselenggarakan di rumah Dwijo Sumarto selaku ahli waris Cupu Klyai Panjolo di dusun Mendak, desa Girisekar, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul. Waktu pelaksanaan setiap tahun pada kisaran bulan September, Oktober, November atau awal masa labuh.

Kirim pendapat