8 Tradisi Suro Di Gunungkidul

Bulan Suro atau Muharram merupakan bulan pertama atau bulan baru dalam kalender penanggalan Jawa/Islam.  Beberapa tradisi berkembang berkenaan dengan peringatan bulan ini dan sebagian menjadi wisata religi serta budaya. Berikut tradisi peringatan bulan Suro di sekitar Gunungkidul antara lain:

1. Labuhan Pantai Baron

Labuhan Pantai Baron diselenggarakan oleh nelayan Pantai Baron menyambut bulan Suro atau sehari sebelum masuk bulan Suro. Tradisi ini berlokasi di area Pantai Baron, desa Kemadang, kecamatan, Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul.

2. Labuhan Pantai Kukup

Labuhan Pantai Kukup diselenggarakan oleh nelayan Pantai Kukup menyambut bulan Suro atau sehari sebelum masuk bulan Suro. Tradisi ini berlokasi di area Pantai Kukup, desa Kemadang, kecamatan, Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul.

3. Labuhan Pantai Drini

Labuhan Pantai Drini diselenggarakan oleh nelayan Pantai Drini menyambut bulan Suro atau sehari sebelum masuk bulan Suro. Tradisi ini berlokasi di area Pantai Drini, desa Banjarejo, kecamatan, Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul.

4. Labuhan Pantai Ngrenehan

Sesaji Labuhan Pantai Ngrenehan DIbawah Ke Tengah Laut Selatan

Labuhan Pantai Ngrenehan diselenggarakan oleh nelayan Pantai Ngrenehan dalam memperingati Tahun Baru Suro. Waktu pelaksanaannya pada siang hari tanggal satu Suro/Muharram. Tradisi ini diselenggarakan di area Pantai Ngrenehan, desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul.

Baca artikel selengkapnya di Labuhan Laut Pantai Ngrenehan, Salah Satu Tradisi Peringatan Satu Suro Di Gunungkidul

Baca Juga  Ancol Bligo, Antara Selokan Mataram dan Sungai Progo

5. Sedekah Laut Pantai Sadeng

Sesaji Sedekah Laut Pantai Sadeng Diletakkan Di Atas Kapal

Sedekah Laut Pantai Sadeng diselenggarakan oleh nelayan Pantai Sadeng bersama dengan warga desa setempat dalam memperingati Tahun Baru Suro. Waktu pelaksanaannya pada hari Jumat dalam bulan Suro/Muharram. radisi ini diselenggarakan di area Pantai Sadeng, desa Pucung, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul.

Baca artikel selengkapnya di Sedekah Laut Pantai Sadeng, Ungkapan Rasa Syukur Nelayan Gunungkidul

6. Malam 1 Suro Petilasan Notokusumo

Malam 1 Suro Petilasan Notokusumo diselenggarakan oleh masyarakat desa setempat dalam menyambut Tahun Baru Suro. Waktu pelaksanaannya pada malam hari menjelang Tahun Baru Suro/Muharram. Tradisi ini diselenggarakan di area Petilasan Notokusumo, dusun Karangwetan, desa Gedangrejo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul. Acara utama tradisi ini adalah doa bersama dan keduri di area petilasan Notokusumo.

7. Tradisi Kuras Kong

Tradisi Kuras Kong diselenggarakan oleh masyarakat desa Pengkol dalam menyambut Tahun Baru Suro. Waktu pelaksanaannya pada siang hari tanggal satu Suro/Muharram. Tradisi ini diselenggarakan di dusun Pengkol, desa Pengkol, kecamatan Nglipar, kabupaten Gunungkidul.

8. Upacara Adat dan Tradisi Suran Gunung Panggung

Upacara Adat dan Tradisi Suran Gunung Panggung diselenggarakan oleh masyarakat desa Tambakromo dalam menyambut Tahun Baru Suro. Waktu pelaksanaannya pada siang hari tanggal satu Suro/Muharram. Tradisi ini diselenggarakan di dusu Klepu, desa Tambakromo, kecamatan Ponjong, kabupaten Gunungkidul.

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Iqbal Kautsar:

    Wah balik jogja aku kudu di jogja ke sana ya mas Annoo…

    • admin:

      Hi Iqbal Kautsar,
      Boleh mas semoga terlaksana ya :-)

Kirim pendapat