Touring mengelilingi Gunung Merapi dan Merbabu

Masih dalam suasana lebaran, sambil berkumpul bersama teman – teman SMA, kami melakukan touring menuju ke obyek wisata Kopeng. Beberapa anak setuju kami pun langsung berangkat. Motor berjalan melalui jalan Magelang. Dari pertigaan Blabak kami ambil jalan ke kanan melewati Taman Nasional Gunung Merapi yang merupakan Jalur Wisata Borobudur – Selo – Solo.

Suasana jalan cukup lenggang dan sepi. Hawa dingin mulai  terasa karena jalan mulai menanjak. Saat kami melewati obyek wisata Ketep Pass, kami memperlambat laju kendaraan sepeda motor. Melihat Gunung Merapi yang diselimuti oleh awan tebal. Kami meneruskan jalan sampai ujung menuju ke daerah wisata Kopeng sesuai petunjuk jalan. Jalan tersebut melewati kawasan Agrowisata Banyu Roto, motor kami berjalan pelan.

Kawasan Agrowisata Banyuroto terdapat beberapa kebun strawberry yang dibuka untuk umum untuk wisata petik buah. Selain itu juga terdapat beberapa penjual bibit tanaman buah dan tanaman hias khas pegunungan. Sesaat kami memperlambat laju kendaraan untuk menikmati suasana kebun strawberry kemudian perjalanan kami lanjutkan menuju jalan raya Magelang – Kopeng. Tiba dipertigaan Kaponan, kami berbelok ke kanan menuju ke kawasan Kopeng.

Sampai Kopeng kami berhenti sejenak, melepas lelah dan menikmati pemandangan alam. Memasuki pintu masuk, kami ditarik biaya karcis sebesar Rp 2.000,- per motor termasuk penumpangnya. Di daerah Kopeng terdapat sebuah air terjun yang cukup bagus. Namun karena musim kemarau, air terjun tersebut kering sehingga tidak menampakkan keindahannya. Akhirnya kami tidak jadi memasuki air terjun tersebut.

Baca Juga  Cukup Sekali Mencicipi Bebek Goreng Sari Asli Kartasura

TeamTouring in Gardu Pandang Kopeng

Kami lanjutkan perjalanan ke pos 1 yang terdapat gardu pandang dengan melewati medan yang cukup berat, yaitu jalan berbatu dan menanjak. Walaupun panjang jalannya sejauh satu kilometer saja, kami membutuhkan waktu 10 menit. Sampai di pos 1, kami melihat pemandangan yang cukup bagus. Gunung Telomoyo tampak jelas dari kejauhan. Sayangnya kami tidak bisa melihat puncak Gunung Merbabu karena tertutup awan. Kami beristirahat di pos 3 sambil ngobrol dan membuka bekal makanan

Setelah selesai beristirahat, kami sepakat mencari masjid untuk beribadah. Kemudian mencari makan karena perut sudah cukup lapar. Kami mengambil jalan Kopeng – Salatiga, yang berjarak sekitar 20 km. Di kota Salatiga, akhirnya kami memilih masakan Padang sebagai menu makan siang kami. Setelah makan, kami melanjutkan perjalanan pulang dengan melewati Klaten dan berakhir di Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

== Rute Perjalanan

Yogyakarta – Sleman – Tempel – Muntilan – Blabak – Ketep – Kopeng – Salatiga – Boyolali – Klaten – Prambanan – Yogyakarta

Ada 11 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Mr WordPress:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in and view the post's comments. There you will have the option to edit or delete them.

  2. Cecep SWP:

    Saya mampir, terimakasih udah di link blog saya :)
    Kalau suka touring ada event tahunan Tour de Merapi, lebih jelasnya bisa di lihat di http://www.tourdemerapi.com

  3. Megan Garnieri:

    waktu itu saya malah lewat selo,
    bagus deh pemandangannya, muterin merapi

  4. Lutfi:

    Kasih foto2 pemandangannya dong mas, biar “laporannya” lebih lengkap :-)

    • annosmile:

      banyak kabut
      foto pemandangannya dikit >_<

  5. nada:

    pengalaman hebat

  6. studikomputer.com:

    wah…suka ndaki jg ych mas?gw jg sk je…join FS ku dong
    taufikyuliarahman@gmail.com

    • annosmile:

      bukan ndaki???
      tapi touring :D

  7. sapimoto:

    Mantab sekali touringnya, Mas…
    Saya untuk sementara ini sudah lama banget gak touring, kangen juga untuk touring lagi, tapi sepertinya akan susah banget untuk mendapatkan waktu seperti dulu… :)

    • annosmile:

      udah sibuk ya mas :D

Kirim pendapat