Sensasi Touring Jogja – Kuningan Dengan Sepeda Motor

Karena sudah memiliki niat untuk melakukan magang di Kabupaten Kuningan, kami memaksakan diri melakukan perjalanan ke Kuningan dengan sepeda motor. Sebelumnya kami mengalami kesulitan menggunakan transportasi umum karena kota Kuningan merupakan kota kecil yang jarang terdapat trayek jurusan jogja-kuningan.

Jarak antara kota Yogyakarta dengan ibukota Kabupaten Kuningan adalah sekitar 300 kilometer jika ditempuh melalui jalur selatan.

TeamTouring Saat Istirahat Di Daerah Cilacap

Rute perjalanan yang akan kami tempuh dari kota Yogyakarta menuju Kuningan Jawa Barat melewati jalur selatan Pulau Jawa. Beberapa kabupaten yang dilewati antara lain kabupaten Kulon Progo, Purworejo, Kebumen, Cilacap, Banjar, dan Ciamis. Jarak perjalanan dari Jogja menuju Kuningan sejauh kurang lebih 300 km. Diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 10 jam tergantung kepadatan lalu lintas dan lamanya waktu beristirahat.

Perjalanan kami mulai tepat pukul 08.00 pagi dari kontrakan tempat kami berkumpul. Kendaraan kami pacu mengarah ke barat melewati Jalan Ringroad Barat kemudian melewati Jalan Wates. Kami berhenti sebentar di pom bensin Ambarketawang Gamping Sleman untuk mengisi penuh bahan bakar sepeda motor. Sepanjang jalan dari Yogyakarta hingga perbatasan DIY-Jateng kondisi jalan cukup baik dan lebar.

TeamTouring Di Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat

Memasuki jalan utama wilayah provinsi Jawa Tengah tepatnya kabupaten Purworejo, kondisi jalan sedikit menyempit dan banyak lubang di beberapa titik jalan. Beberapa bekas tambalan jalan terasa saat memasuki ibukota kabupaten Purworejo. Tambalan jalan yang ada membuat sebagian pengendara motor kurang nyaman dan berusaha mengindarinya. Kondisi jalan utama di Purworejo yang kurang baik dan lubang cukup lama belum diperbaiki dan pengendara kendaraan cukup maklum dengan hal tersebut.

Baca Juga  Sinyal Operator Seluler Di Dieng

Kondisi jalan berangsur menjadi baik dan sedikit lebar saat melewati kabupaten Kebumen. Akhirnya 1/3 jarak perjalanan terlampaui atau telah menempuh sejauh 100 km. Kami melanjutkan perjalanan menuju ke arah kabupaten Cilacap tanpa berhenti. Sebagian jalan di wilayah kabupaten Cilacap kondisinya kurang baik dan harus berhati-hati. Setelah mengisi bahan bakar kembali, kami memutuskan untuk berisitirahat sejenak sambil mengisi perut di sebuah warung sederhana tepi jalan raya didaerah Kroya, kabupaten Cilacap.

TeamTouring Saat Beristirahat Di SPBU Banjar Jawa Barat

Perjalanan kami lanjutkan hingga mendekati perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Barat. Kondisi jalan cukup banyak tambalan dan membuat laju kendaraan kurang nyaman. Sempat kami berhenti sejenak di daerah Majenang untuk membeli kelapa muda segar. Tidak lama kemudian akhirnya kami tiba di gapura perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Barat. Disekitarnya berdiri sebuah patung Pangeran Diponegoro sedang mengendarai kuda.

Ketika mencapai perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Barat. Kami berhenti sejenak dan mengambil beberapa foto. Perasaaa lega tampak dari raut muka kami. Semangat melakukan perjalanan mulai bangkit kembali, sebelumnya kami merasa putus asa karena jarak yang kami tempuh ternyata sangat jauh. Kemudian meneruskan perjalanan dan berhenti di sebuah SPBU di daerah Kota Banjar. Kami beristirahat selama satu jam di mushola SPBU Banjar tersebut sambil bertanya arah menuju ke Kuningan.

Suasana Jalan Menuju Kuningan

Setelah cukup beristirahat, kami melanjutkan perjalanan menuju ke Kuningan. Namun sepertinya kami salah mengambil jalan dan memasuki pusat ibukota kabupaten Ciamis. Dari Ciamis kami mengikuti papan petunjuk arah menuju ke arah Kuningan. Walaupun membuang jarak dan waktu, kami tetap santai berkendaran karena touring sepeda motor paling enak dilakukan dengan santai dan tidak mencari siapa paling cepat sampai di tempat tujuan.

Baca Juga  7 Pilihan Kuliner Murah Di Sekitar Candi Prambanan

Kurang dari satu jam akhirnya kami memasuki wilayah kabupaten Kuningan. Tertulis sebuah kecamatan Kawali ketika melewati jalan beraspal yang memanjang lurus tanpa ada tikungan jalan. Sebuah pemandangan cukup menarik terhampar di daerah Cikijing. Pemandangan tersebut berupa area persawahan yang luas dengan latar pegunungan yang memanjang dari selatan ke utara.

Annosmile Di Waduk Darma Kuningan

Perjalanan kami terhenti disebuah waduk di selatan kota Kuningan yang bernama Waduk Darma. Kami berhenti di tepi jalan utama yang berada di tepi waduk untuk beristirahat kembali. Suasana sore di tepi waduk memang cukup nyaman dan membuat kami betah. Sambil bersantai kami menikmati sajian mie ayam disebuah pedagang kakilima di tepi waduk.

Setelah menikmati pemandangan matahari terbenam di kawasan Waduk Darma, kami meneruskan perjalanan menuju ke kota Kuningan dan lanjut ke daerah Linggarjati untuk menemui seorang teman. Total perjalanan yang dibutuhkan dari Jogja menuju Kuningan adalah 10 jam dengan tiga kali berhenti beristirahat sambil bersantai. Kami lebih memilih menikmati perjalanan dibandingkan terburu-buru untuk segera tiba di lokasi tujuan. (text/foto: annosmile)

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

1. FaNZ:

4. mujisas:

wah jalan-jalan terus neh

5. nirmana:

oleh2nya apa yooo??? jogja-kuningan kan jauh tuh, pake motoran apa ga pegal2 tuh joknya…hehehe

6. annosmile:

malah nggak bawa oleh – oleh
    pulang bawa barang cucian :(

pake motor pegal banget
    tapi puas deh :D

7. Vee:

untuk penyewaan 1 unit mobil berapa dr kuningan ke Gn. kidul .
    tolong di kirim via e-mail saya.
    klo ada paket bis, skalian di kiram harga untuk penyewaan bis. di kirim aja harganya ya bos melalui e-mail saya. thanks
    karna saya buat persiapan pernikahan kesana.