Touring Bandung-Kuningan Yang Menyesatkan

Rute perjalanan normal dari Bandung menuju ke Kuningan melewati wilayah Sumedang. Namun kami mengambil jalan lain menuju ke Kuningan dari Bandung dengen melewati jalur Bandung-Subang kemudian tembus daerah Majalengka. Rute ini sedikit memutar namun ditebus dengan pemandangan indah pegunungan da kawasan perkebunan teh di utara wilayah Bandung.

Pemandangan Kebun Teh PTPN Subang Jawa Barat

Kebetulan karena tempat menginap kami di kota Bandung dekat dengan Cimahi, kami menuju ke arah Cimahi terlebih dahulu. jami sengaja memilih jalan sedikit menjauh karena mengindari kemacetan lalulintas kota Bandung pada siang hari. Dari Cimahi kendaraan kami pacu kearah utara menuju Lembang. Jalan penghubung Cimahi dengan Lembang yang kami lalui ini melewati jalan pedesaan yang sepi namun sedikit sempit.

Perjalanan kami lanjutkan menyusuri jalan menuju ke Gunung Tangkuban Perahu namun kami tidak berhenti di obyek wisata tersebut. Memasuki kabupaten Subang, disebelah kiri kanan kami terdapat perkebunan teh yang cukup luas dan menarik. Perkebunan teh yang berlokasi di Ciater tersebut milik PTPN. kami sempat berhenti sejenak sambil berfoto di kawasan Kebun Teh Ciater tersebut. Perjalanan kami lanjutkan dan sempat terjadi sebuah insiden dimana sebuah bis pariwisata banting stir ke arah kanan, sehingga mengagetkan kami dan kami minggir ke jalan batu. Namun untungnya kami tidak terjatuh.

Kota Subang merupakan ibukota kabupaten Subang yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kabupaten Subang terkenal dengan hasil nanas, terutama nanas si madu. Kota menjadi jalur alternatif untuk menghubungkan antara Jakarta-Bandung melalui Lembang atau Jakarta-Cirebon melalui Kadipaten, dan ke Sumedang.

Papan Informasi Arah Di Kabupaten Subang

Memasuki kota Subang kami mengambil jalan ke kanan dengan mengikuti tanda arah menuju ke Kuningan. Perjalanan sungguh tidak dapat dibayangkan. Melewati hutan industri yang sebagian telah di panen sehingga sinar matahari sangat menyengat, hawa begitu panas, jalan tidak rata dan berdebu. Selama satu jam kami berjuang melewati jalan ini. Kami takut bila motor mengalami masalah seperti ban pecah karena jalan aspal terasa panas. Jalan aspal begitu panas dikarenakan jarang dilalui kendaraan dan di sebelah kiri dan kanan hanya terdapat hutan gundul.

Baca Juga  Survei Jalur Wisata Borobudur - Selo - Solo

Akhirnya kami menemukan jalan yang kami lewati menuju ke Sumedang, sebuah pertigaan di jalan raya antara Majalengka dengan Sumedang.  Kami berhenti di sebuah warung makan di pinggir jalan. Masih terngiang ditelingaku tentang keracunan makanan kemarin. Hal itu ditepis oleh temanku, peristiwa kemarin hanyalah ketidakberuntungan bagi kami. Akhirnya kami memesan makanan, nasi timbel dan es teh.

Annosmile Di Jalan Alternatif Subang-Indramayu

Posisi kami berada di sebelah utara gunung Ciremai, rasa lega tampak dibenak kami. Perasaan perjalanan ini hampir berakhir, saat melewati Mandirancan, sebuah wilayah di lereng Gunung Ciremai. Akhirnya kami sampai kembali di rumah teman kami Bayu yang berada di sebelah Museum Linggarjati.

Ada 14 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

1. pakdejack:

wuiiih… jd inget pas KEMON (kenduri motor nasional) 2004 di jakarta silam, aq naek vespa ama temen2 MALVES (malang vespa club) dari malang ke jakarta, sampek inget ada temenku yg ban vespanya gembos.. lha krn udah mlm dan gak ada tambal ban, jadi deh tuh ban dalem dilepas dan bannya diisi rumput sampek penuh trus dipasang di pelek.wes pokonya hrs bisa jalan.heheheee…

2. julian:

perjalanan panjang menikmati keindahan sang pencipta, tentunya menambah kesyukuran kita atas nikmat yang telah diberikan.

3. Anthony Harman:

Kayaknya elo petualang sejati ya, bro.
    Jadi inget masa muda dulu

4. harianku:

kayanya seru yah kalo jalan jauh naik motor :)

5. Eljaholic:

Wah.. pengen deh touring2 lagi pake motor.. dah lama banget.. kangen

6. arifudin:

wa……………….h kaya’nya seger nich udaranya :)

arifudin´s last blog post..Prinsip Leave No Trace

7. nirmana:

tapi kalo di kuningan kayaknya ga ada apa ya bro yg bisa di lihat2? soalnya setahuku kuningan kota industri tapi terbelakang…hehehe. *sok teu*

• joko:

sok teu ente nyong. Kuningan kab. maju di jawa barat. Pariwisata alam dan sejarahnya bagus

8. annosmile:

@ vaepink = sama – sama ya

9. nina:

aku pernah melakukan perjalanan dr subang kebandung
    suka banget ma pemandangan selama perjalanan bagus banget….(^_^)

10. Paman Gober:

wew perjalanan yang mengasikkan sekaligus melelahkan, tapi manteb….

11. wi3nd:

berapa jam tuch tourin9 be9itu..?
    bandun9-kun!n9an?

12. katakataku:

kalo ada di kuningan main-main dong DIK ke saya, kopdar gitu :D

13. indra mander:

mohon info y donk jalur bogor ke kuningan jika menggunakan sepeda motor