Tongseng Kelelawar Dan Bajing, Sensasi Kuliner Extreme Di Tepi Jalan Bantul

Warung Tongseng Emprit, Kelelawar, Dan Bajing merupakan daya tarik kuliner yang tidak lazim, aneh, dan lain daripada yang lain. Warung ini jarang ditemukan namun pasti ada di sekitar kota atau kabupaten salah satunya kabupaten Bantul. Penikmat makanan ini tetap ada dan sebagian besar beralasan sebagai obat. Salah satu Warung Tongseng Emprit, Kelelawar, Dan Bajing yang kami temui berada di sekitar Jalan Raya Bantul.

Warung Sate dan Tongseng Emprit, Kelelawar, dan Bajing berada di Jalan Raya Bantul Km 6, desa Glondong Winongo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Warung Tongseng Emprit, Bajing, Dan Kelelawar Jalan Bantul

Lokasi Warung Tongseng Emprit, Kelelawar, Dan Bajing berada di tepi Jalan Raya Bantul yang berdekatan dengan Jembatan Sungai Winongo dan Pasar Klitikan Niten. Posisinya sedikit masuk ke dalam gang yang dahulu pernah digunakan sebagai jalan kereta api penghubung Yogyakarta dengan Bantul. Cukup dekat bila ditempih dari pusat kota Yogyakarta dengan membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Suasana Dalam Warung Tongseng Emprit, Bajing, Dan Kelelawar Jalan Bantul

Warung Tongseng Emprit, Kelelawar, Dan Bajing menempati bangunan semi permanen yang terbuat dari kayu dan dinding anyaman bambu. Letaknya berhimpit dengan warung makan yang lain. Dari luar warung tampak papan nama warung yang langsung menyebutkan menu andalannya yaitu sate dan tongseng emprit, condhot (kelelawar), dan bajing. Tidak ada nama warung dalam papan warung yang akhirnya diketahui nama pemiliknya yaitu Rohmiyati.

Tongseng Bajing Di Warung Tongseng Emprit, Bajing, Dan Kelelawar Jalan Bantul

Menu utama Warung Tongseng Emprit, Kelelawar, Dan Bajing sudah jelas dan tidak ada menu yang lain. Sebagian besar pengunjung memilih untuk membungkusnya dan menikmatinya di rumah. Namun kami lebih memilih menikmatinya ditempat atau di warung tersebut. Saat itu menu burung emprit sedang kosong karena sudah beberapa hari belum dipasok. akhirnya dipilihlah menu tongseng codhot (kelelawar) dan tongseng bajing (tupai).

Baca Juga  Candi Abang, Keindahan Senja Di Bukit Teletubbiesnya Jogja

Cara memasak tongseng burung emprit, kelelawar (codhot), dan bajing (tupai) sama seperti memasak tongseng kambing pada umumnya. Bumbu yang dipergunakan pun sama dan tidak ada perbedaan. Bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, bawang merah, merica, ketumbar, kecap, dan tanpa santan. Kelelawar (codhot) utuh dan bajing (tupai) utuh dipotong-potong kecil kemudian langsung dicampur dengan bumbu di dalam wajan. Proses pemasakan berlangsung cepat dan tidak sampai 15 menit. Sebelumnya kelelawar dan bajing telah direbus hingga matang.

Tongseng Kelelawar Di Warung Tongseng Emprit, Bajing, Dan Kelelawar Jalan Bantul

Rasa daging codhot (kelelawar) dan bajing (tupai) cukup unik meskipun bagi saya cara memasaknya kurang pas. Untuk rasa daging codhot (kelelawar) ada kemiripan dengan rasa daging puyuh dan daging bajing (tupai) memiliki rasa yang mirip dengan daging kelinci. Bumbu tongseng yang dimasak rasanya kurang meresap pada daging sehingga terasa sedikit hambar. Sedikit informasi pengunjung Warung Tongseng Emprit, Kelelawar, Dan Bajing ini tidak hanya berasal dari Bantul dan Yogyakarta, bahkan sering dari Jakarta, Solo, Klaten karena mereka penasaran dengan rasa dari daging hewan tersebut. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

Sate/Tongseng Emprit : Rp 5.000,-/ekor

Sate/Tongseng Codhot : Rp 10.000,-/ekor

Sate/Tongseng Bajing : Rp 25.000,-/ekor

Teh Panas/Es : Rp 2.000,-

INFORMASI
Warung Sate dan Tongseng Emprit, Kelelawar, dan Bajing
Jl. Raya Bantul Km 6, desa Glondong Winongo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Herman Josef:

    mohon info no tlp/hp warung tersebut di atas. Mtr nwn.

Kirim pendapat