Toko Kopi Kapal Selam, Toko Kopi Tertua Dari Pasar Baru Bandung

Toko Kopi Kapal Selam merupakan toko penjual kopi yang legendaris di pusat kota Bandung. Toko kopi ini berdiri sejak tahun 1930 atau hampir 100 tahun yang lalu dan masih bertahan hingga saat ini. Penerus toko kopi yang bernama Candra Yuanto adalah generasi ketika dari pendiri dan pemilik pertama toko kopi ini.

Toko Kopi Kapal Selam beralamat di Jalan Pasar Barat, kelurahan Kebon Jeruk, kecamatan Andir, kota Bandung, Jawa Barat 40181.

Lokasi Toko Kopi Kapal Selam berada di kawasan pecinan sebelah barat bangunan Pasar Baru Trade Center. Letak toko kopi ini cukup tersembunyi disamping itu tidak ada papan nama toko di bagian depan bangunan. Rute menuju ke toko kopi ini dari sisi selatan Pasar Baru Trade Center ke arah barat melewati Jalan Pasar Selatan. Ikuti jalan sampai ujung dan belok ke kanan sedikit. Posisi toko kopi berada di barat jalan atau kiri jalan dengan ditandai bangunan tua bercat hijau kusam dan banyak terdapat karung-karung di bagian depan dan dalam ruangan. Sedikit informasi, toko kopi ini tidak hanya menjual kopi saja akan tetapi juga menjual barang dagangan lain seperti toko kelontong.

Kopi yang dijual di Toko Kopi Kapal Selam Bandung baik yang masih berbentuk biji utuh ataupun yang telah digiling dikemas dengan bungkus plastik tebal yang disablon dengan nama toko dengan tagline yaitu “Kopi Bubuk Asli Kapal Selam kwalitet yang terbaik paling harum dan sedap rasanya”. Kemasannya pun terlihat sederhana dan tidak seperti kemasan Koffie Fabriek Aroma yang terlihat vintage dan jadul. Pemilik toko kopi beranggapan bahwa cita rasa kopi (isi kemasan) adalah hal yang paling utama sedangkan kulit (bungkus kemasan) adalah hal yang kurang begitu penting. Selain itu pemilik toko kopi juga mempertahankan cara membungkus kopi yang sederhana dri pendahulunya. Hal tersebut sebenarnya tidak salah namun dalam perkembangan zaman, isi dan kemasan adalah 2 (dua) hal yang penting dan tidak terpisahkan. Akibatnya memang toko kopi ini tidak begitu terkenal seperti Toko Koffie Fabriek Aroma walaupun toko ini cukup ramai didatangi pembeli khususnya pelanggan tetap setiap harinya.

Baca Juga  Lecker Rumah Kopi dan Resto Yogyakarta, Antara Secangkir Kopi Dan Makan Berat

Harga kopi yang ditawarkan Toko Kopi Kapal Selam tergolong terjangkau mulai dari berharga kisaran sepuluh ribu per ons hingga ratusan ribu per ons tergantung kualitas dan asal kopinya. Secara keseluruhan Toko Kopi Kapal Selam Bandung menjadi salah satu pilihan utama tempat berburu kopi bubuk dan kopi bijian yang legendaris dari kota Bandung. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Toko Kopi Kapal Selam
Jl. Pasar Barat, kelurahan Kebon Jeruk, kecamatan Andir, kota Bandung, Jawa Barat 40181

Jam Buka
Senin-Sabtu lai pukul 08.00 s/d 16.00 WIB
Minggu Libur

Kirim pendapat