Tips Memilih Helm Motor

Helm merupakan atribut yang wajib dikenakan oleh pengemudi dan penumpang kendaraan roda dua khususnya sepeda motor. Selain menghindarkan diri dari pelanggaran lalu lintas yang mewajibkan mengenakan helm, helm juga berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan lalu lintas dan melindungi kepala dari sengatan sinar matahari.

Helm

Seiring berkembangnya waktu, keberadaan helm juga menuntut gaya dan model yang menarik. Sehingga banyak bermunculan bermacam-macam bentuk dan model helm yang mendapat banyak perhatian dari kalangan anak muda. Namun sebagian besar helm yang diproduksi hanya mementingkan model tanpa memperhatikan standar keselamatan pagi pemakai helm. Berikut adalah tips dan kriteria memilih helm yang berkualitas demi keselamatan dan keamanan dalam berkendara.

Tips memilih helm dari segi fisik antara lain :

  • Pilihlah helm yang memiliki lisensi atau standar kualitas internasional seperti DOT karena standar tersebut benar-benar memenuhi standar keamanan dan keselamatan.  Standar kualitas nasional Indonesia atau SNI belum dapat dijadikan patokan karena banyak produk helm SNI yang tidak layak memenuhi standar keamanan dan keselamatan.
  • Jangan menggunakan helm “ciduk” karena model helm ini tidak akan dapat melindungi kepala pada saat terjadi kecelakaan. Saat ini penggunaan helm ini telah dilarang dan diberlakukan sanksi bagi pengendara yang nekad memakainya.
  • Pilihlah kaca pelindung helm yang dapat melindungi mata serta dapat memberikan keleluasaan dalam pandangan. Tidak ada masalah dalam memilih warna kaca seperti kaca terang dan kaca gelap. Namun yang harus diperhatikan bila kaca sudah banyak goresan segeralah diganti dengan kaca baru.
  • Pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala dan nyaman dipakai karena bila longgar akan mudah terlepas saar terjadi kecelakaan.
  • Jangan membeli helm bekas meskipun kondisinya terlihat masih baru. Dikhawatirkan telah mengalami kecacatan yang dapat membahayakan pemakai selanjutnya.
  • Masa waktu penggunaan helm maksimal 3 tahun atau hingga mengalami kerusakan fisik yang membahayakan. Hal ini merupakan saran dari pabrik helm yang diharapkan diketahui pengguna.
Baca Juga  Review Oli Repsol Moto 4T Smart 20W40 Matic

Tips memilih helm dari segi kenyamanan dan pemakaian antara lain :

  • Pilihlah ukuran yang pas dikepala, tidak longgar, dan menutup bagian vital kepala
  • Bagian samping helm harus dirasakan menekan pipi, terasa agak kencang, namun masih dalam batas kenyamanan pemakaian.
  • Gelengkan kepala ke kanan dan ke kiri, helm harus tetap mengikuti. Bila tidak mengikuti berarti helm terlalu besar atau terlalu longgar
  • Pandangan ke depan usahakan fokus dan nyaman saat helm dipakai. Coba tahan beberapa saat, bila pelipis terasa sakit maka helm kurang cocok atau kurang pas

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. didon:

    makasih mas tipsnya … bisa meminimalisir cedera pada kepala ketika keselakaan …

Kirim pendapat