Inilah 7 Tips Keselamatan Skuter Elektris Di Jalan Raya

Pengguna e-scooter (skuter elektris/otoped listrik) di Indonesia sudah cukup banyak yang mengetahui keselamatan berkendaran di jalan raya. Namun tidak ada salahnya kami mengupas kembali tips agar pengguna skuter elektris lebih berhati-hati ketika melintas di jalan raya yaitu sebagai berikut.

1. Berada Di Lajur Paling Kiri

Pengguna e-scooter atau skuter listrik diharapkan berada di sisi paling kiri (lajur paling kiri) pada jalan raya seperti halnya pengguna sepeda karena penggolongan kedua kendaraan tersebut sama.

2. Pahami Rambu Lalu Lintas

Pengguna e-scooter atau skuter listrik wajib mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas yang terpasang di tepi jalan raya.

3. Jangan Pernah Melawan Arus Jalan

Pengguna e-scooter atau skuter listrik dilarang melawan arus di jalan raya karena dapat membahayakan pengguna jalan yang lain.

4. Perhatikan Jalan Pada Samping dan Belakang

Pengguna e-scooter atau skuter listrik diharapkan belajar memindai keadaan jalan di samping dan di belakang tanpa harus kehilangan keseimbangan dan kendali.

5. Berpakaian Terang dan Mencolok

Pengguna e-scooter atau skuter listrik yang mengenakan baju warna terang atau warna mencolok lebih mudah terlihat pengguna jalan yang lain. Hal ini dapat meningkatkan keselamatan untuk diri sendiri dan pengguna jalan yang lain.

6. Gunakan Lampu Pada Malam Hari

Pengguna e-scooter atau skuter listrik disarankan menyalakan lampu pada malam hari untuk melihat arah dan kondisi jalan. Selain itu dapat membantu pengendara lain untuk melihat keberadaan Anda di jalan raya.

Baca Juga  Review Kunci Gembok Cakram Pengaman Kendaraan

7. Rawatlah E-Scooter

Lakukan perawatan rutin e-scooter atau skuter listrik Anda agar nyaman digunakan. Periksalah rem dan ban secara berkala demi keselamatansaat berkendara.

=====

Demikian tips dari kami semoga dapat menikmatkan kewaspadaan dan selamatan dan berkendara e-scooter atau skuter elektris. Ada yang mau menambahkan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat