Pengalaman Bermalam Di The Royal Joglo Pantai Krakal Gunungkidul

The Royal Joglo merupakan salah satu hotel yang tergolong mewah di kawasan Pantai Krakal Gunungkidul. Hotel ini dapat disetarakan dengan hotel bintang 1-2 di daerah perkotaan. Letaknya cukup strategis karena dekat dengan kawasan pantai dan pusat kuliner pantai.

The Royal Joglo Hotel beralamat di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta 55881.

Lokasi The Royal Joglo berada di dekat area parkir Pantai Krakal Gunungkidul dan jalan utama pantai selatan Gunungkidul. Rute menuju hotel ini dari gerbang masuk Pantai Krakal sejauh 100 meter dan posisi hotel berada di kiri jalan. Area parkir yang disediakan cukup luas dan mampu menampung belasan kendaraan beroda empat.

Bangunan utama The Royal Joglo berupa pendopo dibagian tengah yang berfungsi sebagai restoran/rumah makan dan resepsionis. Di sekeliling pendopo terdapat paviliun kamar yang berarsitektur rumah limasan kayu dengan teras. Jumlah kamar yang disediakan cukup terbatas hanya 10 (sepuluh) kamar saja. Setiap bangunan kamar dipisahkan dengan jarak 1 (meter) untuk menjaga ketenangan hotel.

Kamar The Royal Joglo Hotel dilengkapi fasilitas AC (Air Conditioner), TV LED dengan satelit, kamar mandi dalam yang dilengkapi dengan shower dan air panas, dan meja kecil berlaci. Kondisinya cukup terawat dengan baik dan berfungsi dengan normal. Kekurangannya belum tersedia fasilitas Wifi Internet padahal saat ini hal tersebut cukup vital.

Fasilitas kamar yang disediakan untuk tamu The Royal Joglo Hotel Gunungkidul cukup lengkap mulai dari peralatan mandi tamu seperti handuk, sikat, pasta gigi, sabun mandi, dan shampo. Pada sebuah meja bawah TV disediakan 2 (dua) botol air mineral sebagai welcome drink. Kekurangannya di setiap kamar tidak terdapat pemanas air berikut kopi dan teh kemasan untuk membuat minuman sendiri.

Dari segi layanan, The Royal Joglo Hotel Gunungkidul hanya memberikan layanan berupa layanan kamar, makan pagi atau breakfast untuk dua orang, welcome drink berupa air mineral (mineral water), dan sebagainya. Untuk makan siang dan makan malam, tamu hotel dipersilakan memesan menu makanan dan minuman di restoran yang terdapat di dalam hotel. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan oleh pihak hotel terbatas dan biasanya dibeli dari luar hotel. Namun kelebihannya tamu hotel dapat memesannya untuk diantarkan langsung ke kamar.

Sedikit informasi tambahan, menu sarapan pagi atau breakfast The Royal Hotel berupa nasi putih, capcay sayur, tempe goreng, dan telur goreng. Padahal saya sebagai tamu berharap bahwa makan pagi yang disediakan adalah makanan laut atau seafood karena letak penginapan tersebut berada di area tepi pantai.Untuk minuman tergolong standar ada kopi dan teh yang tinggal dituang dalam gelas atau cangkir.

Dari segi harga, harga yang ditawarkan The Royal Joglo Hotel Gunungkidul tergolong mahal namun kualitasnya dapat bersaing dengan hotel-hotel lain di sepanjang Pantai Gunungkidul. Beberapa kekurangan sebaiknya segera ditindak lanjuti agar tamu hotel lebih nyaman menginap di penginapan tersebut. Secara keseluruhan The Royal Joglo dapat menjadi salah satu pilihan menginap dengan fasilitas AC dan kamar mandi dalam dengan pemanas air. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Pengalaman Bermalam Di Alloro Guest House Pacitan
INFORMASI
The Royal Joglo Hotel
Desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta 55881

Kirim pendapat