Pengalaman Bermalam Di The Mulyo Homestay Gunungkidul

4/5 - (1 vote)

The Mulyo Homestay merupakan tempat menginap di dekat akses jalan menuju kawasan Pantai Baron. Konsep yang dibangun oleh homestay ini bertema tempat menginap keluarga dan syariah di tengah-tengah perkampungan desa Gunungkidul. Keberadaannya jarang didengar karena posisinya agak tersembunyi dari jalan utama dan tidak ada papan petunjuk arah yang besar.

The Mulyo Homestay beralamat di Jalan Wunut No. 8, dusun Dungabah I, desa Duwet, kecamatan Wonosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta 55851.

Lokasi The Mulyo Homestay berada di tepi jlan utama penghubung antara kota Wonosari dengan pintu masuk kawasan wisata Pantai Baron, Kukup, dan Krakal. Rute menuju homestay ini dari kota Wonosari atau perempatan Jalan Lingkar Selatan Gunungkidul, ambil petunjuk arah menuju Pantai Baron. Ikuti jalan tersebut sejauh 2 km hingga menemui sebuah persimpangan jalan kecil yang terdapat banyak pertokoan dan usaha. Selanjutnya ambil jalan ke kanan memasuki gang atau jalan kecil dan posisi homestay berada di sisi kiri jalan. Area parkir yang disediakan terbatas hanya mampu menampung sekitar 6 (enam) kendaraan roda empat dan belasan kendaraan roda dua. Kekurangannya bus kecil maupun bus besar tidak dapat parkir atau masuk ke dalam area parkir homestay ini

The Mulyo Homestay merupakan homestay yang dikembangkan dengan desain yang menarik menggabungkan antara konsep peristirahatan modern di tengah-tengah perkampungan desa. Bangunan The Mulyo Homestay merupakan bangunan 1 (satu) lantai erbagi dalam beberapa bagian dari depan ke belakang. Bangunan berikut fasilitas yang ada bercat warna putih mengedepankan suasana yang cerah dan megah. Fasilitas homestay tergolong cukup lengkap mulai dari area parkir tamu, Free Wifi Internet, front office 24jam, ruang makan, ruang membaca, ruang ngopi (disediakan bermacam-macam alat kopi yang bebas diakses oleh tamu), ruang ibadah (shalat), taman belakang, dan kolam renang.

Baca Juga  Gunung Wangi Bangkel Dan Misteri Makam Trah Keluarga Pakualaman Di Puncak Bukit

Tipe kamar yang disediakan cukup bervariasi dari kamar dengan single bed dan double bed, kamar dengan connecting room, hingga kolam renang pribadi. Seluruh kamar dilengkapi fasilitas AC, TV, kamar mandi dalam yang dilengkapi dengan shower dan air panas, meja kursi, dan lemari besar. Walaupun digolongkan sebagai homestay, fasilitas yang disediakan tidak kalah seperti hotel berbintang 3 (tiga) bahkan mungkin bintang 4 (empat).

Fasilitas kamar yang disediakan The Mulyo Homestay cukup lengkap mulai dari peralatan mandi tamu seperti handuk, sikat, pasta gigi, sabun mandi, dan shampo. Pada sebuah meja samping lemari disediakan coffe/tea set atau alat pemanas air listrik (kettle electric) beserta bahan pembuat minum seperti teh celup, kopi sachet, kremer kopi sachet, dan gula pasir sachet. Tidak ketinggalan pula welcome drink berupa 2 (dua) botol air mineral berukuran 500 ml.

Dari segi layanan, The Mulyo Homestay menyediakan berupa layanan kamar, makan pagi atau breakfast, welcome drink berupa air mineral (mineral water), pemesanan makan siang, dan pemesanan makan malam. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan oleh pihak homestay cukup jelas daftar harganya dan standar harga seperti di cafe dan restoran. Selain itu tamu hotel bisa membeli makanan dan minuman dari luar karena dekat dengan pusat [erbelanjaan seperti toko kelontong dan warung makan.

Dari segi harga, The Mulyo Homestay menawarkan harga yang cukup mahal karena fasilitas lengkap yang ditawarkan. Namun secara pertimbangan cukup layak mengingat fasilitas yang ada terawat dengan baik dan sesuai standar hotel-hotel bintang di daerah perkotaan. Secara keseluruhan, The Mulyo Homestay dapat menjadi salah satu pilihan tempat menginap keluarga dengan suasana perkampungan dan akses yang cukup dekat menuju kota maupun ke arah Pantai Gunungkidul. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
The Mulyo Homestay
Jl. Wunut No. 8, dusun Dungabah I, desa Duwet, kecamatan Wonosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta 55851

Kirim pendapat