Terminal Tlogo Putri Kaliurang, Dulu Terminal Angkutan Sekarang Terminal Jeep

3.0
01

Terminal Parkir Tlogo Putri merupakan terminal kecil sekaligus area parkir yang cukup luas di kawasan Wisata Alam Kaliurang Sleman. Terminal ini merupakan salah satu area yang pertama kali dibangun ketika dilakukan pengembangan kawasan Kaliurang sebagai obyek wisata. Saat ini Terminal Tlogo Putri sudah diperluas areanya ketika pengembangan kawasan Embung Tlogo Putri yang memanfaatkan lahan kosong disekitar area terminal.

Parkir Jeep Di Kawasan Terminal Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Melihat dua dekade tahun yang lalu atau sekitar duapuluh tahun yang lalu, area Terminal Tlogo Putri Kaliurang dipenuhi oleh transportasi umum berjenis bus besar dan minibus. Saat itu masih banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi. Terminal Tlogo Putri Kaliurang menjadi tempat menurunkan dan menaikan penumpang yang berwisata ke Kaliurang. Sebagian besar transportasi umum tersebut memiliki rute atau trayek Yogyakarta – Kaliurang dan Tempel – Kaliurang. Waktu operasionalnya mulai pagi hari hingga sore hari. Bus Baker adalah salah satu nama bus jurusan Yogyakarta – Kaliurang yang cukup favorit dan masih diingat oleh masyarakat Yogyakarta yang sudah lahir pada tahun tersebut.

Kondisi Terminal Tlogo Putri Kaliurang mulai berubah sejak terjadi erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010. Setelah erupsi Gunung Merapi reda dan kawasan Kaliurang kembali dibuka, keberadaan transportasi umum seperti bus dan minibus di terminal tersebut perlahan-lahan berkurang. Bahkan terdengar kabar sebagian kendaraan yang menghilang tersebut berhenti beroperasi. Hal ini  dikarenakan semakin berkurangnya pengguna jasa trasportasi umum menuju obyek wisata ini.

Baca Juga  Soto Lamongan Cak Su, Salah Satu Warung Soto di Depan XT Square Yogyakarta

Sebuah Jeep Melintas Di Terminal Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Area parkir Terminal Tlogo Putri Kaliurang tersebut mulai digantikan dengan kendaraan offroad sejenis jeep. Kendaraan jeep tersebut melayani jasa wisata atau tur ke lereng Gunung Merapi atau sering disebut sebagai Jeep Wisata Merapi, Jeep Lava Tour, Merapi Lava Tour, dan sebagainya. Rusaknya lereng Gunung Merapi sisi selatan seperti daerah Kalikuning, Kaliadem, Bebeng, dan sebagainya akibat hembusan awan panas menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. Saat ini sebagian besar wisatawan yang datang ke Kaliurang memiliki tujuan wisata utama yaitu Wisata Lava Tour Gunung Merapi dengan menggunakan kendaraan jeep. Sedangkan daya tarik Wisata Alam Kaliurang hanya sebagai pelengkap dan lokasi yang nyaman untuk parkir bus-bus besar rombongan wisatawan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI

Kirim pendapat