Tengkleng Solo Timoho, Gurihnya Tengkleng Kambing Khas Solo Di Timur Balaikota Yogyakarta

4/5 - (1 vote)

Warung Tengkleng Solo Timoho atau ada yang mengenalnya dengan nama Tengkleng Bu Yoko merupakan daya tarik kuliner tengkleng kambing khas Solo atau Surakarta di pusat kota Yogyakarta. Keberadaan warung tengkleng ini sudah cukup lama berdiri dimana pada mulanya berjualan di trotoar Jalan Kusumanegara kemudian pindah ke jalan kecil yang masuk dari Jalan Kusumanegara. Warung tengkleng kambing ini mulai buka sejak sore hingga malam hari.

Warung Tengkleng Solo Timoho beralamat di Jalan Kerto No. 8, kelurahan Muja Muju, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta 55165.

Lokasi Warung Tengkleng Solo Timoho berada di tepi Jalan Kerto sebelah barat dari kawasan pabrik susu Sari Husada (SGM) dan sebelah timur dari kawasan Balaikota Timoho Yogyakarta. Rute dari perempatan Jalan Kusumanegara-SGM ke arah barat sejauh 100 meter kemudian belok ke kanan memasuki gang jalan kecil. Posisi warung berada di sebalah kanan jalan. Area parkir yang disediakan terbatas untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor saja karena menggunakan area tepi jalan yang sempit.

Pengunjung Warung Tengkleng Solo Timoho dipersilakan mengambil dan memilih sendiri tengkleng kambing yang akan disantap. Potongan tulang kambing diikat dalam satu ikatan untuk mempermudah penghitungan dan penyajian. Selain itu ada bagian tulang dada, tulang rusuk, tulang ekor, bagian kepala, otak, dan sate jerohan kambing. Setelah selesai memilih, tengkleng tersebut diberikan kepada penjual untuk disajikan dengan kuah tengkleng khas Solo yang bening.

Penyajian tengkleng kambing di Warung Tengkleng Solo Timoho menggunakan mangkok tersendiri berukuran tanggung. Potongan jeruk nipis, garam, kecap, dan bubuk merica disediakan di meja untuk ditambahkan sesuai selera. Daging yang menempel pada tulang cukup empuk dengan bumbu yang cukup meresap. Namun beberapa tulang kambing terlihat kurang berdaging dan cenderung hanya bersisa tulangnya saja. Cita rasa bumbu dan kuahnya seperti tengkleng khas Solo dengan kuah yang encer, tidak terlalu pekat serta didominasi rasa gurih asin. Harga yang ditawarkan tergolong agak mahal namun sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Warung Tengkleng Solo Timoho dapat menjadi salah satu pilihan bersantap tengkleng khas Solo di kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Tung...Tak...Tung...Jazz Ngayogjazz 2014 Kembali Ke Brayut
INFORMASI
Warung Tengkleng Solo Timoho
Jalan Kerto No. 8, kelurahan Muja Muju, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta 55165

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 16.00 s/d 22.00 WIB

Kirim pendapat