Tengkleng Hohah, Rasa Pedasnya Sampai Ke Ujung

Tengkleng Hohah, Rasa Pedasnya Sampai Ke Ujung
3.7 (73.33%) 6 vote[s]

Tengkleng Hohah merupakan daya tarik kuliner tengkleng kambing khas Yogyakarta. Nama “Hohah” digunakan untuk menunjukkan cita rasa pedas atau super pedas yang ditawarkan pada sajian tengkleng ataupun menu olahan kambing yang lain. Warung ini buka sejak pagi hingga malam hari dan belum memiliki cabang di tempat lain.

Tengkleng Hohah beralamat di Jalan Wonosari No. 141 km 7, desa Baturetno, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta (seberang SPBU Mantup).

Lokasi Tengkleng Hohah berada di tepi Jalan Wonosari Yogyakarta. Rute dari kota Yogyakarta ke arah timur menuju ke arah Piyungan atau Wonosari. Dari perempatan Jalan Ringroad Timur Yogyakarta pilihlah jalan ke arah timur menuju ke arah Wonosari atau disebut Jalan Wonosari. Saat menemui perempatan lampu merah pertama yang disebut perempatan Wiyoro, pilihlah jalan lurus. Selanjutnya setelah melaju sekitar 500 meter, warung tengkleng ini berada di sebelah kanan jalan. Area parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan roda empat dan belasan kendaraan beroda dua. Petugas parkir cukup sigap dalam mengatur parkir pengunjung agar terlihat rapi dan muat banyak kendaraan.

Menu makanan yang disediakan Warung Tengkleng Hohah antara lain tengkleng hohah, tengkleng hohah porsi kingkong (buat 4-5 orang), kicik balungan, kicik balungan porsi kingkong (buat 4-5 orang), sate kambing muda, sate kambing klatak, nasi goreng kambing, gulai kambing, dan tongseng kambing. Menu minuman yang menarik disediakan antar lain bir pletok atau bernama lain soda Jawa atau Saparella. Untuk nasi putih, pengunjung dipersilakan mengambil sendiri sesuai dengan porsinya masing-masing.

Baca Juga  Wedangan Kampoeng, Angkringan Berpadu Dalam Nuansa Jawa

Penyajian Tengkleng Hohah menggunakan piring tanggung dengan porsi yang cukup banyak. Kuah tengkleng yang bening terlihat hampir memenuhi isi piring. Sebagai perbandingan porsinya sedikit lebih banyak dibandingkan dengan porsi tengkleng kambing di Warung Tengkleng Gajah Sleman. Cita rasa yang ditawarkan Tengkleng Hohah didominasi rasa gurih, sedikit asin, dan bercampur rasa pedas yang cukup menggigit. Daging yang menempel pada tulang cukup empuk dengan kadar keempukan yang pas. Selain itu bumbunya cukup meresap sampai ke dalam daging dan tulang.

Penyajian Kicik Balungan sendiri hampir sama dengan penyajian Tengkleng Hohah dengan porsi yang sama. Hanya saya kuah kicik yang berwarna coklat kental terlihat lebih sedikit. Cita rasa yang ditawarkan Kicik Balungan didominasi rasa manis bercampur pedas yang cukup menggigit. Adanya rasa manis pada sajian ini cocok disantap oleh penimat hidangan yang cuka dengan cita rasa manis. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa dengan Tengkleng Balungan yang dijual oleh Warung Tengkleng Tenda Biru Gedongkuning. Harga yang ditawarkan warung ini tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Warung Tengkleng Hohah dapat menjadi salah satu pilihan bersantap tengkleng kambing dan wisata kuliner di sekitar Jalan Wonosari Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU

  • Tengkleng Hohah : 30k
  • Tengkleng Hohah porsi kingkong (buat 4-5 orang): 120k
  • Kicik Balungan : 30k
  • Kicik Balungan porsi kingkong (buat 4-5 orang): 120k
  • Sate Kambing Muda : 20k
  • Sate Kambing Klatak : 20k
  • Nasi Goreng Kambing : 15k
  • Gulai Kambing : 15k
  • Tongseng Kambing : 20k
Baca Juga  RM Lestari Secang, Antara Nostalgia Dan Berubahnya Cita Rasa Masakan

*update harga 31 Mei 2017*

Penilaian Menu Tengkleng Hohah
  • 7.7/10
    Tengkleng Hohah - 7.7/10
  • 7.5/10
    Kicik Balungan - 7.5/10
7.6/10
INFORMASI
Tengkleng Hohah
Jl. Wonosari No. 141 km 7, desa Baturetno, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta (seberang SPBU Mantup).
https://twitter.com/tengklenghohah
https://www.facebook.com/tengklenghohah

Kirim pendapat