Tengkleng Gajah Sleman, Sajian Tengkleng Kambing Dengan Porsi Jumbo

Tengkleng Gajah adalah sebuah rumah makan di Sleman yang menyediakan menu andalan berupa tengkleng kambing. Nama “Gajah’ yang digunakan membuat banyak orang bertanya apakah rumah makan ini menggunakan daging Gajah yang merupakan satwa yang dilindung. Beberapa informasi menyebutkan bahwa nama Gajah yang disematkan untuk menunjukkan porsi tengkleng yang cukup banyak atau jumbo.

Tengkleng Gajah “Sari Roso Mulyo” beralamat di Bulureno, Minomartani, Ngaglik, Sleman atau lebih mudah diakses melalui Jalan Kaliurang Km 9 kemudian berbelok ke arah timur sebelum perempatan. Rumah makan ini buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 atau habis.

Warung Tengkleng Gajah Sleman Dari Depan

Lokasi Rumah Makan Tengkleng Gajah berada di sekitar Jalan Kaliurang KM 9 Yogyakarta. Sebelum pertigaan lampu merah Jalan Kaliurang KM 9 terdapat pertigaan kecil yang terdapat minimarket pilihlah jalan ke arah timur/kanan. Selang beberapa ratus meter rumah makan tersebut berada di sebelah kanan jalan. Papan nama rumah makan ini cukup terlihat jelas dan besar di tepi jalan. Area parkir yang disediakan cukup luas dan mampu menampung belasan kendaraan beroda empat. Petugas parkir cukup sigap dalam mengatur parkir pengunjung agar terlihat rapi dan muat banyak kendaraan.

Menu makanan yang tersedia di Rumah Makan Tengkleng Gajah “Sari Roso Mulyo” antara lain sate kambing, sate goreng, tongseng kambing, tongseng kepala, tongseng kepala di goreng, tengkleng gajah, tengkleng gajah di tongseng, tengkleng gajah di goreng, gule kambing, dan nasi goreng kambing.

Variasi Menu Di Warung Tengkleng Gajah Tersaji di Meja

Pengunjung Rumah Makan Tengkleng Gajah Sleman yang baru datang langsung disambut oleh pelayan dan diberikan secarik kertas berisi daftar menu dan lengkap dengan harganya. Ada bermacam-macam pilihan menu dan kesemuanya adalah olahan daging kambing. Beberapa menu utama yang menarik dicicipi seperti Tengkleng Gajah di Tongseng, Tengkleng Gajah di Goreng, dan Tengkleng Gajah Biasa.

Baca Juga  Mata Air Ngreneng, Blue Lagoonnya Gunungkidul

Tengkleng Biasa Di Warung Tengkleng Gajah Sleman

Pengunjung Rumah Makan Tengkleng Gajah Sleman dipersilakan menunggu sejenak pesanan selesai disiapkan. Pesanan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, satu porsi Tengkleng Gajah di Tongseng, satu porsi Tengkleng Gajah di Goreng, dan satu porsi Tengkleng Gajah Biasa. Ukuran porsinya jauh diluar dugaan karena porsinya cukup banyak dan mampu dimakan untuk dua orang.

Untuk nasi putih dipersilakan ambil sendiri di depan sesuai dengan porsi masing-masing. Jadi mengambil nasi sedikit atau banyak tetap dihitung satu porsi. Tidak heran bila banyak pengunjung mengambil nasi putih hingga dua kali atau mengambil nasi sepiring penuh.

Tongseng Tengkleng Di Warung Tengkleng Gajah Sleman

Saat mencicipi Tengkleng Gajah Biasa, kuahnya terasa segar dan gurih. Bumbunya terasa pas dilidah dan tidak ada dominasi rasa seperti rasa manis atau asin. Daging yang menempel pada tulang terasa empuk karena melalui proses perebusan yang cukup lama. Irisan cabe yang ditaburkan diatas tengkleng menambah cita rasa pedas.

Daya tarik Tengkleng Gajah di Tongseng berbeda lagi karena bau harumnya melebihi Tengkleng Gajah Biasa. Baunya cukup menyengat membuat kami segera mencicipinya. Kuahnya terasa kental dengan bumbu yang tajam namun nyaman di lidah. Rasa manis dan gurih tampil dominan dalam penyajian masakan ini. Daging yang menempel pada tulang terasa empuk dengan kuah bumbu yang meresap sampai ke dalam.

Menyantap Menu Tengkleng Gajah Sleman

Menu terakhir yang kami cicipi adalah Tengkleng Gajah di Goreng. Menu ini cukup unik karena jarang kami temui di warung sate kambing di sekitar Yogyakarta. Bumbu yang digunakan mirip dengan Tengkleng Gajah di Tongseng namun komposisi kecap lebih banyak. Sehingga rasa dihasilkan cenderung lebih manis dan gurih namun tidak menghilangkan cita rasa asli.

Baca Juga  Bakso Pak Min Kraton dan Kisah Bakso Wonosari Tempo Dulu

Secara keseluruhan Tengkleng Gajah menarik untuk dicicipi karena memiliki cita rasa unik dan jarang ditemui di tempat lain. Ukuran porsi yang cukup besar membuat pengunjung puas menyantapnya. Selain tiu variasi menu yang cukup banyak membuat pengunjung tidak bosan bila berulangkali mengunjungi rumah makan tersebut. Harga yang ditawarkan cenderung standar dan sesuai dengan porsi yang didapat. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Tengkleng Gajah
Dusun Bulurejo, Desa Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY
Telp: (0274) 6868609

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    wis hayuuuuh..mangkat..lek…. nang thengkleng..gajah…

  2. Mila:

    yah ga seru. kalo gajah beneran baru tuh seru.

  3. EventJogja Dot Com:

    pernah liat doank papan namanya pas lewat jl. kaliurang, kayaknya perlu dicoba beneran, makasih atas review nya  ^^,

Kirim pendapat