Tengkleng Bhenjoyo, Mencicipi Tengkleng Cita Rasa Jogja-Solo

Tengkleng Bhenjoyo merupakan salah satu daya tarik kuliner tengkleng kambing di pusat kota Yogyakarta tepatnya di selatan Pojok Beteng Wetan dan Jalan Parangtritis. Keberadaan warung kakilima ini cukup dikenal para pecinta kuliner tengkleng kambing karena di kota Yogyakarta sendiri jarang terdapat warung yang khusus menjual tengkleng kambing. Biasanya para penjual tengkleng kambing di sekitar Yogyakarta juga sebagai penjual sate dan tongseng kambing.

Tengkleng Bhenjoyo beralamat di Jalan Parangtritis No. 18-20, kelurahan Brontokusuman, kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta 55143.

Lokasi Warung Tengkleng Bhenjoyo berada di tepi Jalan Parangtritis yang masih berada di area pusat kota Yogyakarta. Rute menuju warung ini dari perempatan Pojok Beteng Wetan ke arah selatan sejauh 100 meter. Posisi warung ini berada di sisi kiri jalan atau timur jalan setelah Indomaret Jalan Parangtritis. Area parkir yang disediakan terbatas untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor saja karena menggunakan area tepi jalan.

Pengunjung Warung Tengkleng Bhenjoyo dipersilakan mengambil dan memilih sendiri tengkleng kambing yang akan disantap. Potongan tulang kambing diikat dalam satu ikatan untuk mempermudah penghitungan dan penyajian. Ada bagian tulang dada, tulang rusuk, tulang ekor, bagian kepala, otak, dan sate jerohan kambing. Setelah selesai memilih, tengkleng tersebut diberikan kepada penjual untuk disajikan dengan kuah dan tingkat kepedasan. Pengunjung dipersilakan mencari tempat duduk yang kosong dan nanti pelayan akan mengantarkan pesanan pengunjung.

Baca Juga  Soto Ayam Pak Sun, Pilihan Sarapan Pagi Di Sekitar Pakualaman Yogyakarta

Penyajian tengkleng kambing di Warung Tengkleng Bhenjoyo menggunakan mangkok tersendiri berukuran tanggung. Tengkleng, kuah, dan sambal cabe dijadikan dalam satu mangkok. Potongan jeruk nipis, garam, kecap, dan bubuk merica disediakan di meja untuk ditambahkan sesuai selera. Daging yang menempel pada tulang cukup empuk dengan bumbu yang cukup meresap. Selain itu tengkleng ii terlihat berdaging atau tidak sekedar hanya tulang kambing saja. Cita rasa bumbu dan kuahnya seperti tengkleng khas Solo dengan kuah yang encer, tidak terlalu pekat serta didominasi rasa gurih asin. Harga yang ditawarkan tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Warung Tengkleng Bhenjoyo dapat menjadi salah satu pilihan bersantap di tepi Jalan Parangtritis dan kawasan turis Prawirotaman. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Per Potong : Rp 14.000,-
  • Nasi Putih : Rp 3.000,-

*update 25 Agustus 2019*

Penilaian Menu Tengkleng Bhenjoyo
  • 7.5/10
    Tengkleng Kambing - 7.5/10
7.5/10
INFORMASI
Tengkleng Bhenjoyo
Jl. Parangtritis No. 18-20, kelurahan Brontokusuman, kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta 55143

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 18.00 s/d 23.00 WIB
Hari Kamis Tutup

Kirim pendapat