Telaga Wahyu Magetan, Indahnya Suasana Pagi Dan Lokasi Favorit Memancing

Telaga Wahyu merupakan salah satu telaga yang berada di lereng Gunung Lawu yang masuk dalam wilayah kabupaten Magetan. Keberadaannya kalah terkenal dibandingkan Telaga Sarangan yang letaknya berada disebelah atasnya. Orang-orang lebih suka memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi memancing dibandingkan sebagai tempat berwisata. Tidak heran bila telaga ini terlihat sepi dari kunjungan wisatawan baik ketika pagi, siang, maupun sore hari.

Telaga Wahyu (dulu dikenal sebagai Telaga Wurung) terletak di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Memiliki luas sekitar 10 hektar dan kedalaman sekitar 16 meter.

Pintu Masuk Telaga Wahyu Magetan

Lokasi Telaga Wahyu Magetan sendiri berada di tepi jalan utama penghubung Tawangmangu-Sarangan yang baru selesai dilakukan pembangunan dan pelebaran jalan. Perjalanan melewati jalur Tawangmangu-Sarangan saat pagi hari membuat pemandangan Telaga Wahyu dari tepi jalan terlihat lebih indah dibandingkan saat siang hari.

Gapura selamat datang menyambut pengunjung ketika memasuki area parkir Telaga Wahyu Magetan. Kondisi gapura tersebut tampak baru karena setahun yang lalu melewati tempat ini belum dibangun gapura tersebut. Jalan menuju area parkir dan area parkir sendiri juga telah dibangun secara apik meskipun terlihat masih sederhana. Sepertinya pemerintah daerah setempat mulai serius menggarap tempat ini menjadi kawasan wisata alternatif.

Pemandangan Telaga Wahyu Magetan Di Kaki Gunung Lawu

Kendaraan saya parkir di tempat yang disediakan kemudian berkeliling kawasan Telaga Wahyu. Area tepi telaga disekitar area parkir telah diberi pagar permanen dengan tujuan menghindarkan kendaraan memasuki tepi telaga yang memiliki struktur tanah yang labih. Di dekat pagar tersebut terdapat persewaan becak air bagi para wisatawan untuk berkeliling kawasan Telaga Wahyu.

Baca Juga  Candi Sanggrahan, Situs Candi Terbesar Di Tulungagung

Becak Air Di Telaga Wahyu Magetan

Tidak seperti biasanya, Telaga Wahyu saat pagi hari tampak sepi dan tidak terlihat aktivitas para pemancing ditempat ini. Mungkin karena hujan deras turun dimalam harinya dan membuat beberapa orang yang mancing di tempat ini mengakhiri kegiatannya dan kembali ke rumah. Di tepi telaga masih tersisa sampah-sampah para pemancing yang tidak dibersihkan. Sepertinya perlu dilakukan pemberian edukasi kepada para pemancing agar membuang sampah ditempatnya dan tidak mengotori area telaga.

Annosmile in Telaga Wahyu

Beberapa warung yang berada di sekitar Telaga Wahyu belum buka karena masih terlalu pagi. Terpaksa kami hanya bisa berkeliling kawasan Telaga Wahyu tanpa bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil bersantai. Jalan tanah yang mengelilingi kawasan Telaga Wahyu sedikit becek dan harus berhati dalam melangkah agar tidak terpeleset. Beberapa bangunan fasilitas wisata yang dibangun belum selesai pengerjaannya namun sudah terlihat gambaran fasilitas apa saja yang akan ditawarkan ketika pembangunan kawasan wisata Telaga Wahyu ini rampung.

Potensi Telaga Wahyu sampai sekarang masih belum digarap secara maksimal meskipun sudah dibangun beberapa fasilitas pendukung wisata. Keberadaannya sejak dulu terkenal sebagai kawasan memancing dan beberapa cerita mitos yang menyertainya membuat tempat ini masih sepi dan hanya dikunjungi orang-orang yang hobi memancing. Padahal pemandangan alam di Telaga Wahyu yang tampak alami tidak kalah menariknya dengan Telaga Sarangan yang sudah lama terkenal dan terkena arus pembangunan yang cukup kuat. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Amin:

    Ternyata di Tawangmangu kaya akan telaganya ya, yang aku tahu hanya tegala sarangan aja mas. tapi kayaknya kok masih alami banget ya mas..wah bisa untuk referensi jalan-jalan mich….

  2. Jarwadi MJ:

    mbok kalau touring itu ajak ajak bro! aku kan pengen juga ke sana :)

  3. mymin:

    asyik lebih alami…siiip banget

Kirim pendapat