Daya Tarik Telaga Kemuning Gunungkidul

Daya Tarik Telaga Kemuning Gunungkidul
Rate this post

Nama Telaga Kemuning menjadi salah satu wisata utama yang ditawarkan oleh Desa Wisata Kemuning ketika saya mencari informasi kawasan wisata apa saja yang ada disana. Setelah melewati kawasan jejak telapak kaki kuda misterius, saya langsung mengarahkan kendaraan menuju ke Telaga Kemuning.

Telaga Kemuning terletak di padukuhan Kemuning, desa Bunder, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Diresmikan sebagai salah satu kawasan wisata pada 10 Juni 2012 di Desa Wisata Kemuning.

Lokasi Telaga Kemuning sendiri berada disebelah ujung padukuhan Kemuning yang berbatasan dengan kawasan hutan milik Perhutani dan Wanagama. Suasana tampak sejuk dan asri karena pohon-pohon yang ada disekeliling telaga cukup lebat dan rapat. Saya memarkir kendaraan dan berkeliling disekitar telaga ini.

Sebagai kawasan wisata yang baru dibuka, Telaga Kemuning cukup berpotensi dikembangkan sebagai kawasan wisata alternatif yang akhir-akhir banyak dibuka seperti wisata Goa Pindul dan Curug Srigethuk. Terletak di kawasan perbukitan dan dikelilingi oleh kawasan hutan memberikan keunikan tersendiri. Kicauan burung disekitar kawasan telaga dan suasana telaga yang masih sepi dan tenang ini cocok bagi orang yang ingin menyegarkan pikiran.

Sejarah Telaga Kemuning ini keberadaannya sudah jaman dahulu, namun mengalami perlebaran luas dan pengerukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul hingga bertambah lebih dari satu hektar dengan kedalaman 3 meter. Saat ini Telaga Kemuning tidak mengalami kekeringan di musim kemarau walaupun ketinggian air surut hingga satu meter.

Disekitar Telaga Kemuning telah dibangun fasilitas penunjang wisata seperti kamar mandi dan gazebo untuk tempat bersantai para pengunjung yang datang ke telaga ini. Disamping itu rencananya akan dikembangkan wisata air mengelilingi telaga dengan menggunakan perahu. Sepertinya karang taruna yang mengelola Telaga Kemuning cukup serius mengembangkan kawasan wisata ini.

Walaupun bukan hari libur, Telaga Kemuning tetap ada pengunjungnya seperti para pemancing, anak sekolah yang nongkrong bersama sepulang sekolah, dan beberapa wisatawan dari jauh yang penasaran dengan Telaga Kemuning. Selain itu, kegiatan budaya yang rutin diselenggarakan di Desa Wisata Kemuning mampu mengenalkan wisata yang ada disana tak terkecuali Telaga Kemuning. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. pututik:

    tampak masih asri sekali tempatnya, kalo ada photo dalam telaganya lebih nyus :D

  2. arif:

    daerah di jawa dengan nama kemuning lumayan banyak ya :D

  3. tomi:

    neng wonosari ki berarti. wahh kapan2 ndono kang.. nek pas mudik :D

Kirim pendapat