Telaga Bleder, Salah Satu Wisata Alam di Grabag Magelang

Telaga Bleder, Salah Satu Wisata Alam di Grabag Magelang
3.8 (76%) 5 votes

Telaga Bleder merupakan danau alami berukuran kecil yang berada di daerah Grabag Magelang. Danau alami ini terbentuk dari cekungan tanah yang terisi air dari sumber mata air yang ada disekitarnya. Pemerintah daerah mengembangkan kawasan ini untuk menunjang daya tarik wisata di sisi utara kabupaten Magelang. Hanya saja saat ini kondisinya kurang terawat dan sepi pengunjung.

Wisata Alam Telaga Bleder terletak di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Merupakan kawasan wisata baru yang dikembangkan dengan konsep rekreasi keluarga.

Telaga Kecil Di Wisata Alam Telaga Bleder Magelang

Lokasi Telaga Bleder terdapat di kecamatan Grabag tepatnya disebelah timur laut kota Magelang. Akses jalan yang kami lalui sudah berupa jalan aspal halus meskipun ada beberapa sedikit kerusakan jalan di beberapa titik jalan. Papan petunjuk lokasi Telaga Bleder cukup jelas dan terlihat saat memasuki ibukota kecamatan Grabag. Tidak beberapa lama akhirnya kami tiba di Telaga Bleder.

Saat melihat dari luar, kami tidak menyangka bahwa di balik dinding pagar yang memanjang di tepi jalan tersebut adalah kawasan telaga. Dinding pagar tersebut dibangun mengelilingi kawasan telaga sehingga orang tidak dapat menikmati pemandangan telaga dari luar kawasan wisata. Selain itu menurut pengamatan kami, pembangunan pagar dinding bertujuan agar tidak terjadi pembangunan warung atau rumah liar yang mengambil lahan di tepi telaga yang mengancam terjadinya pendangkalan telaga.

Fasilitas pendukung di Telaga Bleder antara lain area parkir, toilet, gazebo dan persewaan wahana permainan air.

Pemandangan Kawasan Telaga Bleder Magelang

Setelah memarkir sepeda motor di area parkir yang disediakan, kami langsung berjalan menuju loket pembelian tiket sekaligus pintu masuk Telaga Bleder. Karena tidak ada penjaga baik di loket pembelian tiket ataupun di pintu masuk, akhirnya kami langsung memasuki kawasan wisata Telaga Bleder. Sepertinya Telaga Bleder ini hanya dijaga oleh petugas saat hari libur saja.

Memasuki kawasan wisata Telaga Bleder, terhampar pemandangan apik berupa telaga yang cukup luas dan dikelilingi oleh tembok beton yang cukup tinggi. Pada sebuah sudut terlihat pemandangan bangunan pemukiman warga yang saling berhimpit. Di sisi lain kita bisa melihat pemandangan telaga dengan latar Gunung Andong dan bukit kecil yang ada di dekatnya. Meskipun ukuran Telaga Bleder tidak luas dan hanya beberapa hektar saja, pemandangan terlihat cukup indah dan menarik.

Pemandangan Gunung Telomoyo Dari Telaga Bleder Magelang

Beberapa gazebo yang disediakan masih dalam kondisi baru dan belum mengalami kerusakan. Di sebuah titik strategis dibangun untuk bangunan toilet yang disediakan untuk pengunjung warung. Area daratan di kawasan wisata Telaga Bleder ini tidak luas sehingga tidak sampai lima menit kami sudah berkeliling di setiap sudut tepi telaga. Taman-taman yang dibangun di tepi telaga tertata rapi dan cukup terawat dengan baik. Suasana tepi telaga yang cukup rindang dan bersih ini memang cocok digunakan sebagai tempat piknik keluarga.

Akhirnya kami akhirnya kunjungan ke Telaga Bleder ini. Secara Telaga Bleder merupakan wisata pelengkap bagi obyek wisata utama di sekitar kecamatan Grabag ini yaitu Air Terjun Sekar Langit dan Pemandian Candi Umbul. Meskipun belum lama dibuka dan dikembangkan sebagai kawasan wisata, Telaga Bleder mampu menjadi kawasn wisata yang menarik banyak wisatawan meskipun saat ini masih sepi pengunjung. Masih banyak potensi Telaga Bleder yang belum dikembangkan dan dimaksimalkan, entah karena kurangnya perhatiannya pemerintah atau kurangnya dukungan warga sekitar dalam mengembangkan kawasan wisata ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Telaga Bleder
Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk Dewasa: Rp 3.300,-
Tiket Masuk Anak-Anak: Rp 2.300,-
Parkir Motor: Rp 1.500,-
Parkir Mobil: Rp 3.000,-

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Angga:

    waduh sepi bener bro, tempat kayak gini biasanya dijadiin tempat pacaran nih sama muda-mudi :P

  2. Paket tour dieng:

    terimakaih informasinya sangat membantu.. tempat wisatanya sangat bagus..

Kirim pendapat